(Liga Mahasiswa 2016) Yogyakarta Siap Gelar LIMA Badminton

Setelah sukses di Kota Jakarta dan Bandung, Liga Mahasiswa (LIMA) kembali menghelat LIMA Badminton di kota ketiga, yakni Yogyakarta. Bertajuk LIMA Badminton Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference, event ini akan dimulai pada 25-29 April 2016 di GOR Klebengan, Yogyakarta.

Penyelenggaraan LIMA Badminton Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference diikuti tujuh tim putra dan lima tim putri. Tujuh tim putra yang turut serta adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Semarang (USM). Sementara itu, persaingan di sektor putri diikuti oleh UNY, UGM, UNS, UAJY dan UTP.

Namun, sebelum menghelat ajang tersebut. Tim LIMA terlebih dahulu mengadakan kegiatan technical meeting guna membahas mengenai sistem pertandingan LIMA Badminton 2016, pembagian tim ke dalam Pul, sistem pertandingan dan verifikasi data pemain di Cakra Kusuma Hotel Yogyakarta, Minggu (24/4/2016).

Dalam kegiatan technical meeting tersebut dihadiri oleh Ali Mustofa, perwakilan wasit nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Wahyana (Deputi wasit PBSI Yogyakarta), Vierman Suryanto (Match Control) dan para manajer tim-tim yang akan bertanding.

Riyyan Nabawi, Supervisor Event liga mahasiswa membuka techinal meeting ini dengan memberikan ucapan selamat kepada para tim yang telah lolos dari verifikasi dan menjadi peserta LIMA Badminton CJYC di musim ini.

“Sebelumnya, saya ingin mengucapakan selamat terlebih dahulu kepada para tim yang telah lolos verifikasi dan menjadi peserta LIMA Badminton CJYC musim ini. Saya berharap penyelenggaraan LIMA Badminton CJYC yang baru pertama kali diadakan di Yogyakarta ini bisa berjalan dengan lancar dan lebih kompetitif,” ujarnya.

Sama halnya dengan musim lalu, pada penyelenggaraan LIMA Badminton musim ini masih menggunakan peraturan pertandingan yang mengacu pada peraturan pertandingan PBSI/BWF dengan format Thomas & Uber Cup, serta peraturan khusus Liga Mahasiswa Badminton 2016,

Sementara itu, Ali Mustofa, wasit nasional, menjelaskan mengenai sistem pertandingan yang akan digunakan pada ajang LIMA Badminton CJYC.

 “Sistem pertandingan menggunakan setengah kompetisi bagi tim putri dan Pul bagi tim putra dengan prinsip The Best Of Three Games (Rally Point). Namun, apabila terjadi rubber games maka di game terakhir hanya sampai 11 poin,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam technical meeting ini, Ali Mustofa juga menjelaskan mengenai peraturan-peraturan yang dibuat oleh Liga Mahasiswa, antara lain mengenai ranking pemain, kostum, penamaan dan lain sebagainya.

Jenis partai yang dipertandingkan

Jenis pertandingan yang akan digunakan bagi tim putra yakni single dan double yang masing-masing akan mempertandingakan dua partai serta satu partai triples, sedangkan bagi tim putri akan mempertandingkan partai single, double dan triples yang masing-masing akan dipertandingan satu kali.

Urutan pertandingan bagi tim putra yakni single  pertama – double pertama – triples – single kedua – double kedua, sementara urutan bagi tim putri yakni triple – single  – double.

Hasil Drawing

Undian bagi tim putra pada ajang LIMA Badminton CJYC ini menghasilkan tim UNY, UNS dan UAJY berada di Pul A, sedangkan USM, UGM, UII dan UTP menghuni Pul B.

Sementara itu, bagi tim putri yang dihuni oleh UNY, UNS, UGM, UAJY dan UTP langsung bertanding dengan sistem setengah kompetisi, makstunya setiap tim akan bertemu dengan tim lainnya sebanyak satu kali.

Nantinya, tiga tim putra teratas akan melaju ke fase LIMA Badminton Nasional, sementara bagi tim putri hanya diambil dua tim terbaik. Penyelenggaraan LIMA Badminton Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference akan dilangsungkan pada 25-29 April 2016 di GOR Klebengan, Yogyakarta.