(Liga Mahasiswa 2016) Putri Unpad Raih Peringkat Ketiga LIMA Badminton WJC

(Bandung, 16/6/2016)

Tim bulutangkis putri Universitas Padjadjaran (Unpad) raih peringkat ketiga LIMA Badminton Blibli.com West Java Conference setelah kalahkan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STKIP Pasundan) dengan skor 2-1 di GOR Lodaya, Bandung, Jumar (15/4/2016).

Partai tripel, yang menjadi partai pembuka bagi kedua tim, berlangsung ketat. Unpad yang menurunkan Anisa/Intan/Feby menghadapi Revina/Dini/Utami (STKIP). Kedua trio ini saling berbalik unggul pada awal game pertama.

Sayang sekali kesalahan-kesalahan mendasar dari trio Unpad mulai muncul di pertengahan game pertama. Akibatnya, STKIP sempat unggul 19-14. Unpad gagal mengejar jarak hingga akhirnya mereka harus rela kalah 21-16 di game pertama.

Alih-alih ingin membalikan keadaan, Unpad kembali melakukan kesalahan yang sama seperti game pertama di game kedua ini. Kesalahan mendasar, pengembalian bola yang kurang baik, menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi trio Unpad ini. Sempat ketat di awal game, STKIP tancap gas di pertengahan game hingga unggul 18-10. STKIP akhirnya berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 21-18.

Pada partai berikutnya, menghamparkan partai tunggal putri. Aneke (Unpad) kembali dipercaya untuk turun di partai tunggal, setelah para partai sebelumnya Dianita yang menjadi tunggal putri Unpad. Pada pertandingan siang ini, Aneke menghadapi Gustiani Agustini, tunggal putri Unpad.

Aneke berhasil menang mudah atas tunggal putri STKIP dengan dua game langsung, 21-9 21-4. Partai yang berlangsung hanya 15 menit ini berhasil membuat Unpad imbang sementara atas STKIP Pasundan dengan skor 1-1.

Ganda Putri Pastikan Kemenangan Unpad

Pasangan Dianita/Intan (Unpad) berhasil menutup kemenangan bagi timnya usai mengalahkan Dini/Setyowati dua game langsung 21-19 21-17.

Game pertama, Dianita/Intan harus tertinggal tiga angka terlebih dahulu setelah tiga bola yang mereka dapatkan tak mampu dikembalikan dengan sempurna. Keadaan tersebut membuat Dianita/Intan terus berusaha mengejar ketertinggalan dengan memaksimalkan peluang demi peluang. Hasilnya, di paruh game pertama ini mereka mampu melampui perolehan poin Dini/Setyowati dengan skor tipis 11-10.

Usai turun minum, Dianita dan Intan yang terlihat bermain lebih agresif mampu menjaga ritme kerja sama mereka. Hasilnya, dari paruh game pertama hingga dipengujung poin kemenangan, Dianita/Intan mampu tampil konsisiten dan mengakhiri game pertama ini dengan keunggulan 21-19.

Memasuki game kedua, Dianita/Intan memulai game dengan baik. Smes keras dan penempatan bola yang sempurna tak mampu dikembalikan Dini/Setyowati sehingga mereka mampu unggul di paruh game kedua ini dengan selisih tiga poin, 11-8.

Di paruh kedua, Dini/Setyowati terlihat tampil lebih baik. Dini yang menggunakan tangan kiri beberapa kali sempat menciptakan poin melalui pukulan drive yang tak bisa diantisipasi Dianita/Intan. Namun, Usaha yang dilakukan Dini/Setyowati belum mampu mengejar ketertinggalam raihan poin Dianita/Intan yang tampil konsisten hingga poin akhir. Hasilnya, pada game kedua ini Dianita/Intan kembali meraih kemenangan dengan skor 21-17 sekaligus menobatkan raihan juara ketiga pada LIMA Badminton Blibli.com West Java Conference pada musim keempat ini.

“Meski kami tidak lolos LIMA nasional di musim ini tapi kami sangat senang dengan raihan kemenangan ini, terlebih kemenangan ini bisa membalaskan kekalahan kami di musim lalu atas STKIP Pasundan,” ujar Dianita Handayani.

Dengan hasil ini, tim bulutangkis putri Unpad berhasil finish diperingkat ketiga dari hasil satu kali menang dan dua kali kalah. Sementara itu, laga penentuan juara Pul putri akan tersaji pada sore ini di GOR Lodaya, Bandung yang mempertemukan tim Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan Universitas Komputer Indonesia (Unikom). (*)