(Singapore Super Series 2016) Hadapi Lin Dan, Jonatan Tampil Antiklimaks

 

 

(Singapura, 14/4/2016)

Jonatan Christie masih harus mengasah pengalaman dan memperbanyak jam terbangnya di kancah bulutangkis dunia. Pemain muda yang tampil memukau dengan menembus babak semifinal turnamen level super series premier di Malaysia Open 2016 ini, belum bisa kembali unjuk gigi di Singapore Open Super Series 2016.

 

Nama besar Lin yang dijuluki Super Dan ini memang kerapkali membuat lawan-lawannya ketar-ketir. Teknik permainan dipadu mental dan pengalaman yang matang menjadikan Lin salah satu pemain yang sulit untuk ditaklukkan.

 

Pada laga perebutan tiket perempat final, Jonatan tak dapat keluar dari tekanan yang dilancarkan Lin, ia terus tertinggal jauh dalam perolehan angka hingga 8-16. Hal yang sama terjadi di game kedua dimana Jonatan tak bisa mengembangkan permainan. Tertinggal jauh 5-16, Jonatan akhirnya merelakan tiket perempat final dengan skor akhir 13-21, 7-21.

 

“Jonatan masih kalah jam terbang dan memang standard kualitasnya berbeda. Efeknya ya rasa percaya dirinya jadi berkurang,” kata Hendry Saputra, Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI.

 

“Penampilan Jonatan sangat berbeda dengan waktu dia melawan Chen Long di Malaysia kemarin. Ambisi untuk menangnya lebih besar ketimbang sekarang bertemu Lin Dan. Jonatan sering ragu-ragu dengan stroke dan serangannya sehingga tidak bisa berkembang dan Lin Dan melihat ini,” imbuh Hendry.

 

“Selain itu, Lin Dan memang lebih safe mainnya, kalau Chen Long masih sering membuat kesalahan. Serangan Jonatan juga tak sebagus saat melawan Chen Long. Mungkin ada pengaruh tenaga juga, jadi tidak maksimal. Di Singapura langsung bertemu lawan yang sudah matang, artinya harus lebih siap lagi,” tutur Hendry.

 

Sementara itu, sembilan wakil Indonesia berhasil melaju ke babak perempat final. Di sektor tunggal putra ada Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro. Sektor ganda putri dan ganda campuran masing-masing meloloskan dua wakil lewat Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir serta Praveen Jordan/Debby Susanto.

 

Ganda putra paling banyak mengirim wakil dengan tiga wakil yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Laga perempat final akan berlangsung besok (Jumat, 15/4), mulai pukul 15.00 waktu Singapura.

 

Jadwal lengkap babak perempat final Singapore Open Super Series 2016 dapat dilihat di sini. (*)