(Malaysia Open SSP 2016) Jonatan Tembus Babak Utama

(Shah Alam, 5/4/2016)

Jonatan Christie berhasil menembus babak utama Malaysia Open Super Series Premier 2016. Jonatan menjadi satu-satunya wakil Pelatnas PBSI Cipayung yang harus merangkak dari babak kualifikasi.

Di babak pertama kualifikasi, Jonatan mengalahkan wakil Malaysia, Zulfadli Zulkifli, 21-10 dan 27-25. Sementara di babak final kualifikasi, Jonatan menghentikan Kenta Nishimoto, Jepang, 21-8 dan 21-12.

Ini merupakan pertemuan keempat, Jonatan dengan Kenta. Catatan pertemuan mereka masih diungguli Jonatan dengan 2-1. Terakhir mereka berhadapan di Kualifikasi Asia Piala Thomas 2016 di Hyderabad, India. Saat itu, Jonatan menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Jepang di babak final turnamen beregu tersebut. Jonatan menang 14-21, 21-19 dan 21-13.

“Saya tadi main banyak angkat-angkat dulu, baru pas ada kesempatan langsung tembak-tembakin aja. Saya nggak ngajak main reli. Di final kualifikasi ini lebih enak sih mainnya daripada yang pertama tadi,” kata Jonatan.

Selanjutnya di babak utama, Jonatan akan berhadapan dengan Chou Tien Chen, Taiwan. Pada BCA Indonesia Open Super Series Premier 2015 lalu, Jonatan berhasil kalahkan Chou 21-18 dan 21-19.

“Ini pertemuan kedua saya dengan Chou. Walaupun saya pernah menang, saya nggak mau memikirkan itu. Karena lawan pasti ingin menang dan dia latihan terus juga. Saya harus bisa lebih baik lagi dan akan main tanpa beban. Malah mungkin dia yang lebih beban dari saya,” kata Jonatan.

Sayangnya, dua tunggal putra lainnya yang juga main di babak kualifikasi harus terhenti. Sony Dwi Kuncoro dan Yehezkiel Fritz Mainaky sama-sama kalah di babak pertama kualifikasi.

Hasil ini membawa Jonatan menyusul tiga tunggal putra lainnya yang sudah aman di babak utama. Yaitu Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa dan Anthony Sinisuka Ginting.

Di babak pertama, Tommy akan melawan Wong Wing Ki Vincent, Hong Kong. Tommy dan Wong tercatat sudah empat kali berhadapan, dan hasilnya masih sama kuat 2-2.

Kemudian, Anthony akan bertemu wakil tuan rumah, Iskandar Zulkarnain Zainuddin. Ini adalah waktu yang tepat buat Anthony revans, Sebab bulan januari lalu di Malaysia Masters 2016, Anthony kalah dari Iskandar Zulkarnain, 18-21 dan 13-21.

Sementara Ihsan ditantang unggulan lima asal Denmark, Jan O Jorgensen. Ini merupakan pertemuan pertama bagi mereka.

Lihat drawing tunggal putra di Malaysia Open Super Series Premier 2016 selengkapnya, di sini. (*)