(India Open 2016) Tekuk Unggulan Denmark, Riky/Richi Juga Ke Semifinal

(New Delhi, 1/4/2016)

Riky Widianto/Richi Puspita Dili akhirnya berhasil menyusul dua wakil Indonesia yang sudah aman di semifinal India Open Super Series 2016, yaitu Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Riky/Richi lolos usai menekuk langkah unggulan tiga asal Denmark, Joachim Fische Nielsen/Christinna Pedersen.

Bukan hal mudah buat Riky/Richi untuk menjemput kemenangannya. Mereka harus melakoni laga selama 80 menit, hingga akhirnya menang 23-25, 21-19 dan 23-21.

“Sulit lawan hari ini. Kami cukup bekerja keras. Karena mereka kan pemain yang bagus juga, teknik juga bagus. Apalagi kemarin mereka final All England juga, jadi mereka mungkin lebih percaya diri,” kata Richi.

Di game pertama, Riky/Richi diadu ketat oleh Fischer/Pedersen. Pasangan Denmark tersebut terus menekan, meski sempat terlibat setting poin. Masuk ke game dua, penampilan satu-satunya wakil ganda campuran Indonesia tersebut membaik. Mereka berhasil memimpin jalannya pertandingan.

Pada laga pamungkas, Riky/Richi tertinggal 13-17. Namun tak lantas menyerah, Riky/Richi malah balik semangat buat mengejar ketertinggalan mereka. Riky/Richi rebut game ketiga dan pastikan kemenangan 23-21.

“Strategi kami lumayan berjalan seperti yang direncanakan. Tapi di game-game awal saya banyak melakukan kesalahan di sebelah kanan, jadi lawan ngincernya ke kanan terus. Ke sini-sini saya maksain buat berani buat duluin lawan,” kata Richi lagi.

“Kami banyak nurunin dulu, nggak nyerang dulua. Kami kasih no lob dulu, sampai mereka angkat baru kami serang,” tambah Riky.

Sebelum ini, Riky/Richi dan Fischer/Pedersen sudah dua kali berhadapan, dengan posisi imbang 1-1. Pertama kali mereka saling lawan di Denmark Open 2014, Riky/Richi menang 21-19, 14-21 dan 21-19. Kemudian di Australian Open 2015, Fischer/Pedersen membalas kekalahan, dengan unggul 16-21, 23-21 dan 21-10.

Di semifinal, Riky/Richi akan melawan pasangan Thailand, Bodin Issara/Savitree Amitrapai. Riky/Richi pernah sekali bertemu dan kalah di Vietnam Open 2015 lalu.

“Kami banyak belajar dari kekalahan di Vietnam kemarin. Jangan sampai kesalahan kami di sana keulang lagi. Kami harus tampil lebih baik,” kata Richi.

“Kami juga harus lebih fokus dan mengurangi kesalahan di lapangan,” tambah Riky.

Hasil lengkap pertandingan perempat final India Open Super Series 2016, bisa diakses di sini. (*)