(India Open 2016) Riky/Richi Rebut Tiket Final

(New Delhi, 2/4/2016)

 Kemenangan Riky Widianto/Richi Pupita Dili menambah satu lagi wakil Indonesia yang maju ke babak final India Open Super Series 2016.  Sebelumnya, Indonesia sudah punya dua wakil ganda putra yang akan bersaing di pertandingan puncak. Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi akan berhadapan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. 

Riky/Richi lolos usai menyingkirkan wakil Thailand, Bodin Issara/Savitree Amitrapai, 21-18, 13-21 dan 21-7. 

Di game pertama, Riky/Richi mencoba memegang kendali permainan. Keduanya banyak memberikan bola-bola panjang kepada Bodin/Savitree. Riky/Richi rupanya membaca kondisi lawan yang terlihat kurang staminanya, dan mereka memanfaatkan hal tersebut. 

“Kami banyak lariin lawan, kasih bola-bola panjang, karena mereka juga terlihat capek di lapangan. Terutama yang cowok kelihatan sekali kalau capek dan staminanya sudah habis. Yang cewek lumayan bagus permainan depannya,” kata Riky. 

Unggul di game pertama, Riky/Richi mengaku sempat lengah di game berikutnya. Mereka malah terbawa pola permainan lawan, sehingga harus merelakan kemenangan di game kedua untuk Bodin/Savitree. 

“Di game kedua kami terbawa pola lawan, jadi nggak enak di lapangan dan kalah,” kata Richi singkat. 

Mengetahui permainan mereka di game kedua tak menguntungkan, Riky/Richi kemudian mengembalikan pola permainan mereka. Dan berhasil. Riky/Richi unggul jauh dan menang meyakinkan dengan 21-7. 

“Kami balik memanfaatkan kondisi sih, seperti di game pertama. Lihat Bodin sudah capek, jadi kami arahin ke dia terus. Kami panjangin bola-bolanya,” kata Riky. 

Selanjutnya di partai puncak, Riky/Richi akan berhadapan dengan unggulan tujuh asal Tiongkok, Lu Kai/Huang Yaqiong. Dengan Lu/Huang, catatan pertemuan keduanya tak begitu menguntungkan. 

Tiga kali bertemu, Riky/Richi belum pernah sekali pun menang. Terakhir mereka berhadapan di Swiss Open 2015, Riky/Richi kalah 16-21 dan 13-21. 

“Lawan buat besok, siapapun kami siap. Besok sudah final, jadi kami mau main maksimal saja,” kata Richi menanggapi lawannya.

Hasil lengkap babak semifinal India Open Super Series 2016 bisa diakses di sini. (*)