(Liga Mahasiswa 2016) Putra UBL Melaju ke Semifinal

Tim putra Universitas Budi Luhur (UBL) berhasil bertengger di puncak klasemen akhir Pul B LIMA Badminton Greater Jakarta Conference setelah berhasil mengalahkan pesaing terdekat mereka Universitas Negeri Jakarta (UNJ) setelah mengakhiri laga terakhir Pul dengan hasil akhir 3-2 pada pertandingan yang dihelat di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta (31/3).

Pada laga perdana, UNJ menurunkan Riandinata sebagai pemain andalan untuk menghadapi Mohammad Agung yang menjadi tunggal pertama UBL. Set pertama berjalan ketat. Mohammad Agung sebenarnya mampu unggul jauh dengan selisih empat angka di awal set dengan skor 5-1. Namun, Riandinata berhasil bangkit dan mulai mengais poin demi poin hingga mampu mendekatkan jarak poin menjadi 14-17.

Riandinata makin terpacu untuk mengejar perolehan poin dari sang lawan. Usaha kerasnya nyaris membuahkan kemenangan pada set ini saat mampu menyamakan skor menjadi 18-18. Persaingan kedua pemain makin panas pada perebutan poin-poin akhir. Berhasil unggul dua poin 20-18, Riandinata gagal mempertahankan permainan terbaiknya. Mohammad Agung kembali ke bentuk permainannya seperti di awal set. Berhasil memaksakan jus, Mohammad Agung menutup set pertama dengan keunggulan 22-20.

Set kedua menjadi milik Mohammad Agung. Dengan kepercayaan diri yang berlipat ganda usai mengamankan set pertama, tunggal andalan UBL ini berhasil melesat di awal set dengan mengantongi enam poin berbanding satu poin raihan lawannya. Tidak membiarkan Riandinata meraih lebih dari tiga angka berturut-turut, Mohammad Agung berhasil mengunci kemenangan setelah mengakhiri set ini dengan skor 21-14.

Dengan kemenangan ini, Mohammad Agung mengantarkan UBL meraih poin pertama di partai krusial ini, 1-0 untuk keunggulan UBL.

Ganda putra yang menjadi laga kedua di partai ini juga berjalan sangat seru pada set pertama. Anindyo Pradana yang berpasangan dengan Frida Nur Sulistyawan turun mewakili UBL. Di kubu UNJ, Muhammad Soleh dan Novian Hardiyanto membawa misi meraih angka usai gagal di laga pertama.

Anindyo/Frida mampu meraup lima poin di awal set. Setelah unggul 5-1, Anindyo/Frida mampu tampil konstan dan mempertahankan keunggulan 12-6. Soleh/Novian secara perlahan mampu bangkit di setengah jalan menuju poin akhir. Sempat tertinggal jauh, 16-10, pasangan andalan UNJ mampu memperkecil selisih poin menjadi 15-18. Tekanan berpindah ke kubu lawan, Anindyo/Frida gagal mempertahankan keunggulan poin setelah kubu lawan berhasil memaksakan jus. Namun, dengan fokus yang terjaga, pasangan UBL ini berhasil menyegel set pertama dengan keunggulan 22-20.

Jalannya set kedua tidak seketat set sebelumnya. Frida berhasil tampil baik pada set ini. Anindyo dan Frida bergantian meraih poin hingga melesatkan perolehan poin mereka 8-2. Pasangan ini makin tidak terbendung. Hanya memberikan enam poin, Anindyo/Frida berhasil unggul 19-8, sebelum menutup pertandingan dengan skor akhir 21-9. Hasil ini berhasil memantapkan keunggulan UBL, 2-0 atas UNJ.

Tertinggal 2-0, membuat tim UNJ memaksimalkan poin di tiga laga tersisa. Pada partai ketiga ini, tripel UNJ yang dihuni oleh Yakub/Fajar/Jajang berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1 setelah mereka mampu mengalalahkan tripel UBL, Andry/Satelit/Agung dengan dua set langsug, 21-12, 21-17.

Namun, Usaha putra UNJ untuk mengejar ketertinggalan harus kandas ketika tunggal putra kedua UBL, Frida, berhasil menghentikan perlawanan Rahmat dengan menghabiskan waktu selama 35 menit. Pada partai keempat tersebut, Frida mampu menyudahi laga dengan skor akhir 21-14, 21-15.

Meski telah dipastikan menjadi runner-up Pul B. Putra UNJ tak menyerah begitu saja. Bermain di partai terakhir, pasangan UNJ, Fajar/Yakub mampu memperkecil kedudukan menjadi 3-2 setelah mereka mengalahkan pasangan UBL, Andry/Satelit selama 35 menit. Dalam laga tersebut, Fajar dan Yakub hanya memerlukan dua set untuk meraih kemenangan, 21-18, 21-18.

Hasil ini, membawa tim asal Ciledug, Jakarta Selatan tersebut mengakhiri laga di fase Pul dengan predikat sebagai juara. Sementara itu, UNJ yang mengemas dua kali menang dan satu kali kalah berada di peringkat kedua.

Pada pertandingan semifinal besok, tim UBL akan berhadapan dengan Sekolan Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa, Serang, Banten yang merupakan runner-up. Sementara itu, putra UNJ akan berhadapan dengan Universitas Trisakti (Usakti). Kedua laga semifinal LIMA Badminton Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference tersebut akan kembali dihelat pada Jumat, (1/4/2016) di Gelanggang Remaja Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.