Liga Mahasiswa Greater Jakarta Conference Bergulir Pekan Ini

Memasuki musim keempat ini, Liga Mahasiswa yang merupakan platform pembinaan manusia membawa semangat untuk kembali membangkitkan bulu tangkis sebagai olah raga prestasi kebanggaan Indonesia.  

Selain memastikan menggelar LIMA Badminton di McDonald’s East Java Conference untuk pertama kali, LIMA juga kembali mengadakan LIMA Badminton di dua konferensi lainnya, yaitu: Blibli.com West Java Conference di Bandung dan LIMA Badminton Kaskus Centra Java and Yogyakarta Conference di Yogyakarta. Persaingan di musim ini sendiri akan dimulai di Jakarta dengan menggelar LIMA Badminton Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference. 

Tidak hanya memperluas wilayah penyelenggaraan, LIMA juga turut menggelar LIMA Goes to School (LGTS)  di Jakarta yang digelar perdana jelang berlangsungnya LIMA Badminton Prim-A Greater Jakarta Conference. Menghadirkan peserta dari sekolah SD, SMP, dan SMA, LGTS menjadi wadah pembinaan bagi para pelajar yang juga sekaligus memfasilitasi para student athlete melakukan social responsibility program dengan menggelarcoaching clinic bagi para pelajar. Kegiatan ini juga akan turut dilangsungkan di tiga konferensi lainnya, yaitu di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. 

LIMA Badminton Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference

Mengawali rangkaian penyelenggaraan turnamen, technical meeting telah rampung diadakan di Hotel Amaris, Jl. Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (27/03/2016). 

Technical meeting ini dihadiri oleh Ali Mustofa, perwakilan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang merupakan wasit nasional, Mimi A. Irawan, selaku technical delegate serta para manajer peserta kompetisi guna membahas persiapan jelang bergulirnya turnamen. Materi yang menjadi bahasan pada technical meeting di antaranya: sistem pertandingan LIMA Badminton 2016, pembagian tim ke dalam Pul, sistem pertandingan dan verifikasi data pemain. 

Mimi A.Irawan, Technical Delegate mengatakan bahwa pada pertandingan nanti peraturan pertandingan masih mengacu pada peraturan resmi PBSI dan peraturan khusus Liga Mahasiswa. 

“Sama halnya dengan musim lalu, pada penyelenggaraan LIMA Badminton musim ini masih menggunakan peraturan pertandingan yang mengacu pada peraturan pertandingan PBSI/BWF dengan format Thomas & Uber Cup dan peraturan khusus Liga Mahasiswa Badminton 2016,” ujarnya. 

Sementara itu, Ali Mustofa, wasit nasional, menjelaskan mengenai sistem pertandingan yang akan digunakan pada ajang LIMA Badminton musim ini. 

“Sistem pertandingan menggunakan setengah kompetisi bagi tim putri dan Pul bagi tim putra dengan prinsip The Best Of Three Games (Rally Point). Namun, apabila terjadi rubber games maka di game terakhir hanya sampai 11 poin,” jelasnya. 

Tak hanya itu, dalam technical meeting ini, Ali Mustofa juga menjelaskan mengenai peraturan-peraturan yang dibuat oleh Liga Mahasiswa, antara lain mengenai ranking pemain, kostum, penamaan dan lain sebagainya. 

Pada musim ini, LIMA Badminton Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference diikuti tujuh tim putra dan empat tim putri. Tujuh tim putra berasal dari Universitas Budi Luhur (UBL), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Bina Nusantara (Ubinus), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STTPLN), Universitas Trisakti (Usakti), Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Bangsa (STIE Bina Bangsa), sementara tim-tim putri berasal dari UBL, Usakti, UNJ dan UPH. 

Jenis partai yang dipertandingkan

Jenis pertandingan yang akan digunakan bagi tim putra yakni single dan double yang masing-masing akan mempertandingakan dua partai serta satu partai triples, sedangkan bagi tim putri akan mempertandingkan partai single,double dan triples yang masing-masing akan dipertandingan satu kali. 

Urutan pertandingan bagi tim putra yakni single  pertama – double pertama – triples – single kedua – double kedua, sementara urutan bagi tim putri yakni triple – single  – double . 

Hasil drawing

Pada kegiatan technical meeting ini juga menentukan hasil kocokan pembagian bagi tim putra yang menggunakan sistem Pul. 

Hasil kocokan menempatkan Usakti, UPH, STIE Bina Bangsa bersaing di Pul A, sedangkan UNJ, UBL, STTPLN dan Ubinus menghuni Pul B. 

Sementara itu, bagi tim putri yang dihuni oleh Usakti, UPH, UNJ dan UBL langsung bertanding dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. 

Nantinya, tiga tim putra teratas akan melaju ke fase LIMA Badminton Nasional, sementara bagi tim putri akan diambil dua tim terbaik.