(India Open 2016) Angga/Ricky Menang, Anggia/Ketut Terhenti

(New Delhi, 31/3/2016)

Beda hasil diperoleh dua ganda Indonesia di babak dua India Open Super Series 2016. Ganda putra, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi sukses melaju menang, sementara Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi, wakil ganda putri harus terhenti.

Angga/Ricky mengamankan posisi usai menang melawan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Jepang, 21-10, 8-21 dan 21-18. Angga/Ricky tak bisa dikatakan mudah melewati Takeshi/Kamura kali ini.

Di game pertama saja, mereka harus tertinggal cukup jauh 1-10 dan 2-11. Keduanya bermain di bawah tekanan lawan dan tak bisa mengembangkan permainan. Angga Ricky kalah jauh 10-21.

“Game pertama kami ketekan terus, nggak enak bolanya, ngambang-ngambang. Baru di game kedua kami merubah strategi. Mereka main bagus kena terus, defendnya juga nggak gampang mati,” kata Angga.

Beranjak ke game dua, Angga/Ricky pun mulai bangkit memimpin pertandingan. Mereka balik menekan hingga unggul 3-0, 11-3, 18-5 dan merebut kemenangan meyakinkan 21-8.

Game pamungkas berlangsung lebih ketat. Kedua pasangan secara bergantian merebut poin. Hingga di posisi 18-16, Angga/Ricky melaju menang 21-18.

Mereka pernah dua kali berhadapan, dan Angga/Ricky selalu bisa menang. Pertemuan tersebut terjadi di BWF World Championships 2015 dan Hong Kong Open 2015.

Selanjutnya di perempat final, Angga/Ricky akan berhadapan dengan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang, Korea.

“Lawan Kim/Kim mungkin polanya hampir sama kaya tadi, kenceng-kenceng. Jangan malah kebawa pola mereka. Untuk besok harus lebih bisa mengatur ritme di lapangan,” ujar Ricky.

Beda dengan Angga/Ricky, Anggia/Ketut akhirnya terpaksa menyerah dari lawannya. Pasangan ganda putri ini kalah dari Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl, Denmark. Anggia/Ketut kalah dua game langsung 8-21 dan 18-21.

“Kami mainnya nggak safe dari awal. Di lima poin awal kami banyak buang bola jadi out. Jadi kesananya kami banyak ragu, takut-takut sendiri,” kata Ketut.

“Kami sangat tidak puas dengan penampilan kami hari ini. Kalau dilihat mungkin ini permainan terburuk yang pernah kami keluarkan. Kami tidak bisa mengeluarkan permainan secara maksimal,” kata Anggia menambahkan.

Hasil pertandingan India Open Super Series 2016 selengkapnya bisa diakses di sini. (*)