(All England 2016) Serunya Suporter Indonesia Di Birmingham

(Birmingham, 13/3/2016)

Hiruk pikuk juara baru ganda campuran Indonesia di All England 2016 tentu masih kental terasa. Praveen Jordan/Debby Susanto baru saja memetik gelar bergengsinya sebagai yang nomor satu di turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut. Keberhasilan ini pun diakui Praveen/Debby tak lepas dari doa dan dukungan masyarakat Indonesia.

“Rasanya senang sekali bisa juara di All England. Ini merupakan bagian dari sejarah perjalanan kami sebagai pasangan. Dan hasil ini pun tentu salah satunya karena doa dan dukungan masyarakat Indonesia,” ungkap Debby.

Barclaycard Arena, Birmingham, menjadi saksi sejarah kemenangan mereka. Melawan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, Denmark, Praveen/Debby menang dua game langsung dengan 21-12 dan 21-17.

Selain dukungan jauh dari tanah air, Barclaycard Arena, Birmingham, rupanya tak kehilangan ruh supporter Indonesia. Ratusan mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Birmingham, serempak ramaikan arena pertandingan. Yel-yel serta teriakan semangat pun tak henti di suarakan sepanjang laga.

Barclaycard Arena pun serasa Istora kedua.

“Pas main rasanya semangat sekali karena penonton di sini juga luar biasa, seperti di rumah sendiri rasanya,” kata Debby.

Tak hanya dari Birmingham, mahasiwa dan masyarakat Indonesia pun berdatangan dari kota lain, seperti London, Manchester, Bristol, Liverpool, Notthingham dan kota-kota lainnya.

“Aku datang dari London, sama temen-temen mahasiswa di sana juga, banyakan. Kita udah beli tiket dari dua bulan yang lalu, udah ngerencanain buat nonton. Awalnya deg-degan juga sih pas beberapa wakil Indonesia pada kalah. Takut nggak ada pas di final. Tapi ternyata ada wakil dan menang. Alhamdulillah, seneng banget rasanya,” kata Hana Hanifah, mahasiswa London School of Economics and Political Science.

“Nonton All England itu selalu kita tunggu-tunggu. Pokoknya kalau lihat Indonesia bertanding, kalau kita bisa dukung, pasti dibela-belain. Walaupun lumayan jaraknya dari London, lagi banyak tugas juga, tapi demi dukung Indonesia kita tetep semangat,” kata Hana lagi.

“Senang banget, alhamdulillah Indonesia juara lagi ya. Semoga tahun depan juga makin banyak juaranya,” kata Rosi Meilani, warga Indonesia yang menetap di Birmingham.

Usai podium All England 2016, tim Indonesia bersama Kedutaan Besar Indonesia di Inggris, mengadakan makan malam bersama dan beramah tamah dengan para suporter.

Sampai jumpa tahun depan, All England! (*)