(All England 2016) Menang Dua Game, Praveen/Debby Hempaskan Wakil Tiongkok

(Birmingham, 11/3/2016)

Praveen Jordan/Debby Susanto akhirnya bisa memberikan satu tiket semifinal untuk Indonesia di All England 2016. Mereka menghentikan langkah unggulan tiga asal Tiongkok, Liu Cheng/Bao Yixin. Praveen/Debby menang dua game langsung 21-14 dan 23-21.

Praveen/Debby memulai game pertamanya dengan keunggulan 6-3. Namun Liu/Bao sempat tampil mengkhawatirkan karena bisa menyusul dan balik memimpin 13-9 atas Praveen/Debby. Beruntung kemudian Praveen/Debby bisa mengunci pergerakan pasangan Tiongkok tersebut, hingga menang 21-14.

“Dari kemarin kami kan feelnya belum dapet. Di awal game pertama juga belum enak mainnya. Tapi kemudian kami menyesuaikan kondisi dan komunikasi aja, supaya lebih percaya diri mainnya,” kata Praveen.

Di game kedua, Liu/Bao memimpin terus dari awal pertandingan hinggan 16-12. Hingga kemudian Praveen/Debby berbalik melancarkan serangan, merebut poin demi poin dan merebut kemenangan 23-21.

“Sempat ketekan di awal, mau nggak mau harus cepat merubah permainan. Kalau terus ketekan jadinya nggak enak. Jadi kami harus cepat mencari solusinya. Ambil inisiatif untuk balik menekan,” tambah Praveen.

“Kami banyak enjoy dengan permainan dan tidak terbeban dengan hal apapun. Karena kami kan pernah ketemu, pernah kalah dan pernah menang, jadi kami sama-sama main nothing to lose,” ujar Debby mengenai kunci kemenangannya.

Selanjutnya di semifinal, Praveen/Debby akan berhadapan dengan unggulan satu Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tujuh kali bertemu, Praveen/Debby belum sekalipun meraih kemenangan. Namun di pertemuan terakhir mereka di Hong Kong Open 2015, Praveen/Debby sempat menyulitkan lawan sebelum akhirnya kalah tipis 20-22, 21-17 dan 19-21.

“Buat lawan besok perasaannya biasa aja. Gimana pun juga, kalau sudah di lapangan kan sama-sama punya kans,” kata Debby mengenai pertandingannya besok (12/3).

“Ketemu mereka belum pernah menang, hanya hampir menang aja. Jadi kami mohon doanya supaya besok bisa menang lawan mereka,” tutup Praveen.

Hasil pertandingan babak perempat final selengkapnya bisa diakses di sini. (*)