Kualifikasi Piala Thomas & Uber 2016) Indonesia Raih Gelar Juara Kualifikasi Piala Thomas 2016

 

(Hyderabad, 21/02/16)

Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia berhasil merebut juara di ajang Kualifikasi Piala Thomas 2016 setelah Jonatan Christie berhasil mengalahkan Kenta Nishimoto dengan skor 14-21, 21-19, 21-13.

Jonatan sudah memimpin 6-2 di game pertama, setelah itu Kenta pelan pelan mulai menyusul dan menyamakan kedudukan 9-9. Kenta yang bermain dengan pola permainan rally menyerang, terus menekan pertahanan Jonatan dan unggul 14-9. Service Jonatan dinyatakan fault sebanyak dua kali di game pertama ini. Kenta terus melaju dengan skor 19-12 dan menutup game pertama 21-14.

“Pertandingan kali ini adalah pertandingan yang tidak mudah bagi Jonatan karena dia menjadi penentu kemenangan tim. Game pertama, Jonatan sudah bisa menguasai keadaan namun cara mainnya masih salah, jadi banyak buangan bola yang tanggung,” kata Hendry Saputra, Kepala Pelatih Tunggal Putra.

Game kedua, Jonatan kembali unggul 6-2. Smash-smash Jonatan tidak dapat dikembalikan dengan sempurna oleh Kenta. Jonatan terus mendominasi jalannya pertandingan dan memimpin 13-8. Pola permainan yang berbeda ditunjukkan oleh Jonatan di game kedua ini. Jonatan lebih agresif dan pergerakan foot work nya juga lebih lincah. Jonatan unggul 18-12, setelah itu Jonatan sempat tersusul hingga 20-19. Jonatan menutup game kedua 21-19. 

Memasuki game penentuan, kedua pemain berusaha bermain lebih hati-hati. Jonatan unggul 4-2. Rally diantara kedua pemain terus berlanjut, Jonatan terus unggul hingga 11-6. Setelah terjadi perpindahan tempat, Kenta mulai menyusul ketertinggalannya hingga 12-11. Jonatan kembali unggul 17-12. Jonatan menutup game ketiga 21-13.

“Untuk game kedua dan ketiga, Jonatan sudah bisa memegang pola permainan lawan. Dia banyak melakukan net-net tipis untuk menyerang, sehingga itu sangat menyulitkan Kenta untuk unggu dari Jonatan. Walaupun Kenta bisa menambah poin, namun perolehan angka Jonatan tetap diatas Kenta,” papar Hendry.

Dengan hasil ini, maka Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia berhasil merebut gelar juara di ajang kualifikasi Piala Thomas 2016 setelah unggul 3-2 atas Tim Kualifikasi Jepang.

“Selamat kepada Tim Bulutangkis Kualifikasi Piala Thomas yang sudah berjuang dengan luar biasa dan meraih gelar juara di Kualifikasi Piala Thomas. Ini menunjukkan bahwa kualitas pemain pelapis kita sudah bisa diandalkan. Tentunya ini menjadi modal bagi kita untuk merebut piala Thomas di bulan Mei mendatang,” papar Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan.

Lihat hasil Kualifikasi Piala Thomas Indonesia melawan India, selengkapnya di sini. (*)