(Kualifikasi Piala Thomas & Uber 2016) Tommy Membuka Kemenangan Tim Thomas Indonesia

 

 

(Hyderabad, 16/02/16)

Tommy Sugiarto yang diturunkan sebagai tunggal pertama di ajang kualifikasi Piala Thomas 2016, berhasil menyumbangkan satu angka bagi Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia setelah berhasil mengalahkan Boonsak Ponsana dengan skor 21-17, 14-21, 21-14

Di awal game pertama, perolehan angka kedua pemain sangat ketat. Point yang diperoleh kedua pemain hanya berselisih satu angka. Kedua pemain sama sama melakukan upaya untuk menyerang. Setelah point 6-6, Tommy mengubah pola permainannya dengan mempercepat ritme permainan dan Tommy unggul 11-6 di paruh game pertama

Tommy terus memimpin perolehan angka 17-12, dengan smash-smash dan permainan netting yang tipis. Boonsak sempat menyulitkan Tommy dengan permainan net-net silangnya, namun Tommy bisa mengantisipasi dengan baik. Smash keras Tommy mengakhiri game pertama dengan skor 21-17.

Memasuki game kedua, Boonsak langsung memimpin dengan 4-1. Namun Tommy bisa menyamakan kedudukan hingga 4-4. Boonsak yang bermain lebih agresif di game kedua kembali memimpin dengan skor 8-4. Boonsak memimpin perolehan angka di paruh game kedua dengan skor 11-8.

Permainan Boonsak yang agresif membuat Tommy kesulitan mengembalikan bola-bola Boonsak. Boonsak memimpin 18-11. Tommy berhasil menambah satu angka lewat bola drive yang tajam menjadi 18-12. Boonsak akhirnya memenangkan game kedua setelah melakukan smash lurus ke bagian sebelah kanan pertahanan Tommy. Game kedua dimenangkan Boonsak dengan 21-14. 

“Di game pertama saya lebih bisa mengontrol permainan saya, tetapi memasuki game kedua, bola-bola lambung kebelakang saya banyak yang tanggung. Saya memang banyak ragu-ragu untuk mengembalikan bola karena posisi saya menang angin” kata Tommy Sugiarto

Memasuki game ketiga, Tommy memimpin perolehan angka 7-4. Boonsak mampu mengejar ketertinggalannya hingga 8-10. Drop shot silang Boonsak yang melebar keluar membuat Tommy unggul 11-8 di paruh pertama game ketiga.

Tommy terus memimpin perolehan angka di game ketiga hingga 17-10. Boonsak menambah tiga angka  berturut turut melalui serangan yang tajam, hingga kedudukan menjadi 13-17. Tommy yang bermain lebih cermat akhirnya bisa menyudahi perlawanan Boonsak dengan skor 21-14.

“Game ketiga saya bermain lebih berani dan tidak ragu-ragu. Yang terutama saya berusaha untuk mempercepat irama permainan saya, sehingga lawan tidak mempunyai kesempatan untuk menyerang dengan baik,” papar Tommy 

Kemenangan Tommy membuat Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia unggul 1-0 atas Tim Kualifikasi Piala Thomas Thailand. Pertandingan selanjutnya di partai kedua akan mempertemukan Angga Pratama/ Ricky Karanda Suwardi yang berhadapan dengan Bodin Issara/Nipitphon Puangpuapech.

Lihat hasil Kualifikasi Piala Thomas Indonesia melawan Thailand, selengkapnya di sini. (*)