(Thailand Masters 2016) Hendra/Ahsan Rebut Tiket Final

 

(Bangkok, 12/2/2016)

Penampilan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan begitu luar biasa di laga semifinal Thailand Masters 2016. Pasangan unggulan pertama ini sukses membungkam Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea), dalam permainan tiga game dengan skor 21-15, 13-21, 21-18.

Hendra/Ahsan menguasai jalannya pertandingan dari awal game pertama. Ahsan yang biasanya bertugas di bagian belakang lapangan, malam ini tampil begitu percaya diri di depan net. Sambaran-sambaran keras dari Ahsan banyak membuahkan poin bagi pasangan Juara Dunia 2013 dan 2015 ini. Unggul jauh 18-10, Hendra/Ahsan semakin sulit dikejar, Ko/Shin yang merupakan unggulan ketiga ini akhirnya mesti merelakan game pertama.

Namun di game kedua, Ko/Shin mengubah pola permainan dengan mempercepat tempo diiringi pukulan-pukulan keras yang memang menjadi andalan mereka. Hendra/Ahsan juga banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri dengan gagal menyeberangkan bola. Game ketiga pun terpaksa dimainkan.

Di game penentuan, Hendra/Ahsan kembali menunjukkan taringnya. Pasangan andalan Indonesia ini membuktikan kualitas mereka dengan balik menekan dan akhirnya memenangkan pertandingan sekaligus mengamankan tempat di partai puncak.

“Kami tahu lawan kami adalah pasangan yang kualitas permainannya bagus, jadi kami tidak kaget harus bermain tiga game. Ko/Shin adalah pasangan juara dunia,” kata Ahsan soal kemenangannya dan Hendra.

“Ko/Shin memang mengubah permainan di game kedua, mereka juga lebih safe dan nggak gampang membuat kesalahan sendiri. Tempo permainan juga dipercepat oleh mereka,” ujar Ahsan usai pertandingan.

“Ko/Shin serangannya bagus, jadi sebisa mungkin kami yang harus menyerang lebih dulu. Di pertandingan tadi memang tidak terlalu banyak reli-reli panjang. Kami tidak mau diserang duluan oleh lawan, jadi kami menerapkan strategi supaya kami bisa dapat kesempatan menyerang duluan,” tutur Hendra.

Pada babak final, Hendra/Ahsan akan kembali bertemu dengan wakil dari Negeri Ginseng, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang. Pasangan Korea ini melaju ke final dengan menaklukkan Zheng Shiwei/Huang Kaixiang (Tiongkok), 21-19, 21-15.

Hasil lengkap babak semifinal Thailand Masters 2016 dapat dilihat di sini. (*)