Pengprov Sumsel Persiapkan GOR Berstandar Superseries

(Jakarta, 10/2/2016) 

Pengurus provinsi PBSI Sumatera Selatan lakukan kunjungan ke Pelatnas PBSI, Selasa (9/2). Kunjungan ini dilaksanakan untuk berdiskusi mengenai standar gedung olahraga untuk turnamen bulutangkis level superseries. GOR Dempo Jakabaring Sport City Palembang rencananya akan direnovasi untuk memenuhi standar tersebut.

“Kami ingin membangun GOR selevel Superseries, agar kedepannya Palembang bisa menggelar turnamen level Superseries. Ini dilakukan untuk memperkuat keberadaan sport city sebagai pusat kota olahraga international. Selain itu renovasi ini juga dalam rangka persiapan Asian Games 2018 mendatang,” kata Densyah, Wakil Ketua Pengprov PBSI Sumatera Selatan.

GOR dengan standar turnamen bulutangkis level superseries setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria. Seperti jumlah lapangan minimal lima lapangan dengan panjang arena 60 meter dan lebar 35 meter, memiliki tribun penonton yang berkapasitas minimal 5000 orang, memiliki ruangan pendukung yang memadai seperti ruangan media, ruangan tes dopping, referee lounge, ruangan untuk sponsor, tamu VIP, players lounge, broadcasting dan musholla. Selain itu GOR juga harus memiliki lighting yang memadai, dua lapangan pemanasan, akses lapangan yang sesuai dengan alur pertandingan, serta fasilitas untuk disable, yang nantinya bisa digunakan untuk para-badminton.

Renovasi ini rencananya akan dimulai pada awal tahun 2017 mendatang, dengan perkiraan satu tahun pembangunan, dan akan selesai di akhir tahun 2017.

GOR Dempo Jakabaring Sport City Palembang sendiri dibangun pada tahun 2004 untuk persiapan PON XVI lalu.

“Ini merupakan salah satu upaya Sumatera Selatan untuk mendukung PP PBSI untuk menempatkan pertandingan bulutangkis superseries di daerah,” ujar Densyah lagi.

Densyah juga mengatakan bahwa Sumatera Selatan akan lebih meningkatkan kerjasama dengan PBSI terkait pelaksanaan event seperti Piala Thomas dan Uber, Piala Sudirman serta Pelatnas desentralisasi.

GOR Dempo Jakabaring Sport City Palembang pun diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan bukutangkis.

Rencana renovasi GOR Dempo Jakabaring Sport City Palembang pun disambut baik oleh PP PBSI. Disampaikan oleh Achmad Budiharto, Wakil Sekjen PP PBSI, diharapkan kedepannya Palembang bisa menjadi salah satu tuan rumah turnamen bulutangkis skala internasional.

“Kami menyambut baik rencana renovasi GOR Dempo agar bisa digunakan untuk pertandingan bukutangkis berskala international. Ini bisa menjadi salah satu tempat alterna