Apacs Junior Masters 2015 Siap Digelar

(Magelang, 11/1/2016)

Untuk yang ketiga kalinya, kejuaraan invitasi Junior Masters siap digelar. Kali ini kota Magelang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Apacs Junior Masters 2015, pada tanggal 11-16 Januari 2016. Pelaksanaan turnamen ini harus mundur dari jadwal karena waktunya yang berdekatan dengan Kejuaraan Nasional 2015.

Sama seperti penyelenggaran dua tahun sebelumnya, Apacs Junior Masters 2015 merupakan ajang inventarisasi atlet muda berbakat yang digagas oleh PP PBSI. Lewat penyelenggaraan turnamen ini, PP PBSI ingin mengetahui atlet potensial untuk regenerasi bulutangkis Indonesia di masa depan. Apacs Junior Masters 2015 juga diselenggarakan untuk mengidentifikasi dini kemampuan bibit muda Indonesia untuk kompetisi di tingkat internasional dan mendapatkan parameter fisik dari para atlet.

Turnamen ini akan diikuti 26 klub bulutangkis dari sembilan daerah, yaitu Kepulauan Riau, Bali, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara. Jumlah peserta yang ikut sebanyak 142 atlet, terdiri dari 71 atlet putra dan 71 atlet putri.

Apacs Junior Masters 2015 akan mempertandingkan dua kelompok usia, yaitu remaja (U-17) dan taruna (U-19). Di kategori tersebut akan dimainkan lima nomor, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Nomor tunggal akan dibagi empat pool, sementara ganda dibagi menjadi dua pool.

Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem round robin dengan skor 3×21 poin. Penilaian pemenang Apacs Junior Master 2015 dibagi menjadi tiga bagian yaitu 50 persen teknik, 30 persen fisik dan 20 persen dari penilaian tim panelis yang telah ditunjuk PP PBSI.

“Ada tiga komponen penilaian dari junior masters ini. Yaitu dari pesisi permainan, fisik dan pengamatan pelatih. Persentasenya 50 persen permainan, 30 persen fisik dan 20 persen pengamatan pelatih,” kata Iwan Hermawan, tim pelatih fisik Pelatnas PBSI.

Hari pertama penyelenggaraan (11/1) Apacs Junior Masters 2015 akan diisi dengan pengukuran postur tubuh. Selanjutnya pada 12-15 Januari, peserta akan mengikuti pertandingan, sedangkan di hari terakhir (16/1), akan ada tes fisik lainnya yaitu vertical jump, push up, sit up, kelincahan atau court agility,