(Apacs Junior Masters 2015) Pantau Bibit Muda, Lima Pelatih Pelatnas Diturunkan

(Magelang, 11/1/2016)

Lima pelatih Pelatnas Cipayung diturunkan menjadi panelis untuk memantau langsung perkembangan bibit muda bulutangkis Indonesia di Apacs Junior Masters 2015. Dipimpin oleh Chafidz Yusuf, pelatih ganda putra, masing-masing sektor akan menurunkan pelatih Deni Danuaji (tunggal putra), Sarwendah (tunggal putri), Endang Nursugianti (ganda putri) dan Enroe Suryanto (ganda campuran).

Meski menurunkan lima pelatih untuk lima sektor, namun masing-masing pelatih tetap akan memantau atlet dari sektor lainnya. Sehingga setiap atlet akan mendapat laporan pengamatan dari lima pelatih tersebut.

Para pelatih tersebut akan memantau lima kriteria, yaitu skill, kualitas pukulan, fairplay, footwork dan potensi pemain muda yang ikut bermain di Apacs Junior Masters 2015.

“Dari sisi skill, atlet muda akan dilihat kemampuan menyerangnya, kemampuan defend, variasi pukulan dan kepandaian bermain. Yang kedua, kualitas pukulan yang dilihat dari akurasi pukulan dan safe, artinya bagaimana atlet bisa bermain tanpa banyak buang poin. Selanjutnya kami lihat juga dari fairplay. Hal ini dilihat dari perangai mereka di lapangan, attitude dari seorang pemain itu seperti apa,” kata Chafidz menjelaskan.

“Kriteria keempat adalah footwork. Hal ini dilihat dari penguasaan mereka di lapangan seperti apa. Yang kelima, terakhir dilihat dari potensial. Ini dilihat dari postur tubuh, harapan masa depannya, tekniknya seperti apa. Karena potensial ini menjadi yang paling penting untuk menjadikan seorang pemain itu harus memenuhi semua kriteria yang ada,” tambah Chafidz lagi.

“Kami akan berusaha melihat dan memantau dengan seksama, melihat dengan lebih teliti, para atlet muda untuk regenerasi bulutangkis Indonesia kedepannya,” ujar Chafidz. (*)