(Apacs Junior Masters 2015) Hari Pertama, Atlet Muda Lakukan Pengukuran Antropometri

(Magelang, 11/1/2016)

Hari pertama Apacs Junior Masters 2015, atlet muda yang mendapat invitasi dalam kejuaraan ini, lakukan pengukuran antropometri. Pengukuran postur tubuh ini meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan.

Hasil pengukuran postur tubuh ini dikatakan oleh Basri Yusuf, Kabid. Pengembangan PBSI, tak akan mempengaruhi penilaian di Apacs Junior Masters 2015. Data ini hanya akan menjadi database dan menjadi salah satu pegangan tim panelis untuk mengamati para atlet di lapangan.

“Kegiatan ini hanya untuk database kita, tidak berpengaruh pada penilaian. Selain itu juga bisa digunakan untuk membantu panelis untuk memberikan gambaran postur tubuh pemain. Karena tiap tahun kita punya database rata-rata pemain nasional postur tubuhnya seperti apa, yang jadi seperti apa. Sehingga kita punya statistiknya, ukurannya untuk ke turnamen internasional itu seperti apa,” kata Basri.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing atlet dikelompokkan berdasarkan kelompok usia dan nomor pertandingan. Setelah itu, satu per satu atlet diukur tinggi dan berat badannya.

Kegiatan yang diikuti 142 atlet muda ini berlangsung di GOR Djarum, Magelang. Selanjutnya para peserta akan mengikuti pertandingan dan tes fisik yang terdiri dari vertical jump, push up, sit up, kelincahan atau court agility, skipping rope dan beep test.

Berikut jadwal lengkap turnamen Apacs Junior Masters 2015:

Senin, 11/1/2016:

–       12.00 – 14.00 : Registrasi peserta

–       14.00 – 16.00 : Pengukuran antropometri

–       16.00 – 17.00 : Briefing peserta dan ofisial