(BWF Dubai World Super Series Finals 2015) Zhao Yunlei Cedera, Tontowi/Liliyana Gagal Ke Semifinal

(Dubai, 11/12/2015)

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dipastikan gagal ke semifinal BWF Dubai World Super Series Finals 2015. Ini terjadi setelah mundurnya pasangan Tiongkok, Zhang Nan Zhao Yunlei, karena cedera yang dialami Zhao.

Berdasarkan peraturan di penyisihan grup, jika salah satu pemain mundur dari pertandingan, maka semua hasil pertandingan dengan pemain tersebut, tidak akan dihitung.

Meski kecil, Tontowi/Liliyana sebenarnya masih berpeluang untuk masuk ke semifinal, jika keduanya bisa menang jauh dari Zhang/Zhao. Sayang di dua pertandingan sebelumnya, Tontowi/Liliyana sudah kalah dari Chris Adcock/Gabrielle Adcock, Inggris dan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, Hong Kong.

Sementara Chris/Gabrielle dan Lee/Chau masing-masing sudah mengantongi satu kemenangan, setelah mengabaikan pertandingan dengan Zhang/Zhao.

“Kalau kami main sebenarnya kan masih ada kans. Tapi kalau dia (Zhang Nan/Zhao Yunlei) nggak main kan semua hitungannya jadi kosong. Tapi karena kami kemarin sudah kalah dengan Hong Kong dan Inggris, jadi hampir dipastikan kami tidak masuk. Tapi ya ini adalah game, apapun bisa terjadi. Kami ambil positifnya aja. Di dua pertandingan kemarin juga permainan kami kurang bagus. Kalau bisa mengevaluasi pertandingan secara keseluruhan, kami belum bisa kembali seperti dulu, seperti saat kami jadi juara dunia atau All England,” kata Liliyana ditemui di Hamdan Sport Complex, Dubai.

“Performa kami sedang menurun. Walaupun di Indonesian Masters kemarin kami menang, tapi nggak banyak pemain luar yang turun. Mudah-mudahan ini menjadi pertandingan terakhir yang harus dievaluasi. Tahun depan kami bersiap membuka lembaran baru lagi, dengan semangat yang baru, strategi yang baru, dengan fokus yang baru dan persiapan yang baru. Kita lupakan di tahun 2015 ini dan kita mulai lagi untuk persiapan Olimpiade 2016 nanti,” jelas Liliyana lagi.

Indonesia masih berpeluang mengirimkan wakil ganda campuran ke semifinal. Di grup B ada Praveen Jordan/Debby Susanto yang masih berjuang untuk lolos. Di laga ketiganya ini, Praveen/Debby akan berhadapan dengan pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen.

Hasil lengkap babak penyisihan BWF Dubai World Super Series Finals, Jumat (11/12), bisa diakses di sini. (*)