(Hong Kong Open 2015) Anthony Tembus Babak Utama

(Kowloon, 17/11/2015)

Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya pemain tunggal putra yang lolos babak kualifikasi dan lanjut ke babak utama Hong Kong Open Super Series 2015. Anthony melaju usai mengalahkan Lee Cheuk Yiu, Hong Kong, 21-19, 11-21 dan 21-12.

“Di game pertama saya kalah angin, jadi lebih berani buka permainan, nggak takut bola out. Terus di game kedua gantian jadi menang angin. Otomatis permainan saya juga berubah jadinya. Nggak boleh ngangkat dan jadi ragu-ragu, hasilnya malah banyak mati sendiri,” kata Anthony ditemui usai bertanding.

“Tapi di game ketiga saya main lebih berani aja, sama menikmati permainan,” tambahnya.

Sebelumnya di babak pertama kualifikasi, Anthony mengalahkan Riici Takeshita, Jepang. Lawan Riici, Anthony juga harus melalui tiga game untuk menang 14-21, 21-9 dan 21-12.

“Bolanya tadi terasa agak berat, jadi saya banyak nanggungnya, nyangkut. Tapi kemudian saya coba main lebih sabar aja dan meladeni lawan. Di game dua dan tiga saya sudah lebih memegang pertandingan. Sementara lawannya juga banyak mati sendiri,” ujar Anthony lagi.

Sayangnya Jonatan Christie dan Kho Hendrikho tak bisa lanjut ke babak utama. Jonatan kalah di babak final kualifikasi saat berhadapan dengan Kenta Nishimoto, Jepang, 17-21 dan 14-21.

Ini merupakan pertemuan kedua Jonatan dan Kenta. Sebelumnya di Japan Open Super Series 2015, Jonatan menang 22-24, 22-20 dan 21-19 dari Kenta.

“Sebenarnya tidak ada yang berubah dari Kenta. Pas kami ketemu di Jepang dengan sekarang sama saja. Cuma dia lebih berani kali ini. Dan saya tadi ada salahnya juga. Pelatih sudah bilang jangan banyak angkat dan saya juga sudah tau teorinya seperti itu, tapi saya tetap banyak ngangkat, nggak tahu kenapa. Seperti kebiasaan aja. Pelatih bilang A, saya juga mikirnya A, tapi yang saya lakukan malah B. Saya tadi kurang bisa mengntrol itu, ini menjadi evaluasi buat saya yang harus diperbaiki,” kata Jonatan.