(China Open 2015) Richard Mainaky: Tidak Ada Target Khusus

(Fuzhou, 10/11/2015)

Turun bertanding di China Open Super Series Premier 2015, pelatih ganda campuran, Richard Mainaky angkat bicara mengenai target anak buahnya. Dikatakan oleh Richard, ia tak memberikan target khusus bagi tiga pasangan ganda campuran pelatnas tersebut. Meski begitu Richard berharap Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili bisa memberikan penampilan terbaiknya.

“Untuk ganda campuran kami memang tidak ada target khusus. Untuk Owi/Butet lebih kepada mengamankan posisi di rangking dua, sementara dua lainnya lebih kepada mengejar poin untuk masuk ke delapan besar, untuk meraih tiket ke Olimpiade,” kata Richard ditemui di sela sesi latihan tim Indonesia.

“Owi/Butet tidak ada masalah khusus, tinggal mereka jika mau aman di posisi dua, di China Open dan Hong Kong Open harus lebih baik. Paling nggak bisa mencapai semifinal,” tambah Richard.

Di babak pertama China Open Super Series Premier 2015 ini, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels. Dilihat dari kekuatan di atas kertas, Tontowi/Liliyana yang menang empat kali dari lima kali berhadapan, masih lebih diunggulkan dari lawan.

“Setelah pulang dari turnamen di Eropa kemarin, yang saya kejar untuk Owi khususnya, yaitu kekuatan dan daya tahan tangan. Dari hasil latihan tersebut, saya mau lihat dia sudah sampai mana berkembangnya. Saya juga sudah menyerahkan kepada pelatih fisiknya, dan saya lihat dua hari ini Owi dalam kondisi yang oke,” kata Richard lagi.

Sementara itu, pasangan Praveen/Debby akan berhadapan dengan Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo, Jepang. Ini akan menjadi pertemuan pertama bagi Praveen/Debby dan Kenichi/Misaki.

Langkah cukup berat justru bersiap untuk dihadapi Riky/Richi. Di babak pertama ini mereka langsung dihadang unggulan tiga asal Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin. Keduanya pernah bertemu sebelumnya. Tahun 2014, di Malaysia Open, Riky/Richi kalah dua game langsung 14-21 dan 16-21.

Selain tiga pasangan Pelatnas di atas, ada juga duet kakak-beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet. Kido/Pia akan berhadapan pasangan Korea unggulan tujuh, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na, di babak pertama.