(French Open 2015) Nova Widianto: Edi/Gloria Jangan Mau Kalah

(Paris, 20/10/2015)

Usai menyelesaikan perjalanan di Denmark Open Super Series Premier 2015, Para atlet Indonesia kini melanjutkan perjalanan ke French Open Super Series 2015. Tujuh wakil Pelatnas Cipayung dijadwalkan turun bertanding memperebutkan total hadiah senilai USD 275.000. Di sektor ganda campuran, duet Riky Widianto/Richi Puspita Dili tidak turun main di Paris, digantikan dengan pasangan Edi Subaktiar/Gloria Emanulle Widjaja.

Di babak pertama, Edi/Gloria langsung ditantang unggulan tiga asal Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin. Meski tak diunggulakn dalam pertandingan kali ini, Edi/Gloria diharapkan pelatihnya, Nova Widianto, bisa tampil maksimal dan memberikan perlawanan.

“Edi/Gloria harus jangan mau kalah dan harus percaya diri. Xu Chen/Ma Jin memang masih ranking tiga dunia, tapi penampilan mereka terus menurun. Kalau Edi/Gloria yakin, minimal mereka bisa melawan di lapangan. Yang saya ingin lihat adalah bagaimana perlawanan Edi/Gloria di lapangan. Kalau bisa ya tentu inginnya menang. Yang pasti mereka tidak boleh takut duluan melawan pemain unggulan,” kata Nova Widianto.

“Persiapan mereka untuk beradaptasi dengan waktu memang tidak panjang. Minggu sampai, senin latihan sebentar dari selasa langsung bermain. Pola latihan mereka memang sedikit dipaksakan untuk menyesuaikan diri melawan jetlag juga,” ujar pelatih yang juga pernah berduet dengan Liliyana Natsir di sektor ganda campuran.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Edi/Gloria dan Xu/Ma di lapangan. Menghadapi laganya sore nanti, Gloria berharap bisa tampil all out.

“Mereka memang diunggulkan dari kami. Tapi untuk di lapangan kan kita nggak tahu akan seperti apa. Yang pasti kami ingin tampil all out aja dulu,” ujar Gloria.

“Strategi akan dibicarakan. Karena tipe permainan mereka kan berbeda. Sebelum main juga mereka akan melihat video pertandingan dulu untuk mempelajari. Karena mereka juga kan belum pernah ketemu,” tambah Nova lagi.

Selain Edi/Gloria, ganda campuran yang akan bertanding hari ini ada Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Runner up Denmark Open Super Series Premier 2015 ini akan berhadapan dengan wakil Jepang, Keigo Sonoda/Naoko Fukuman.