(Denmark Open 2015) Tommy Melesat Ke Final

(Odense, 16/10/2015)

Menang dua game langsung, Tommy Sugiarto melesat ke babak final Denmark Open Super Series Premier 2015. Dalam waktu 42 menit, ia mengalahkan pemain Taiwan, Chou Tien Chen, 21-8 dan 22-20.

Game pertama dimulai Tommy mendapat dua poin melalui pukulan Chou yang melebar keluar lapangan. Selanjutnya Tommy terus memimpin perolehan angka tanpa pernah tersusul Chou. Ia bisa menang dengan mudah di game pertama.

“Saya melihat staminanya dia sudah habis, jadi saya manfaatkan. Karena sudah sampai ke semifinal ini semua partai melelahkan,” kata Tommy.

Berbeda dengan game pertama yang bisa menang mudah, di game kedua Tommy mulai mendapat perlawanan dari Chou. Meski belum bisa melampaui perolehan angka Tommy, Chou bisa mendekati dengan pautan angka yang tak jauh. Dan ketika unggul 20-17, Tommy harus tersusul dulu menjadi 20 sama, sebelum akhirnya menang 22-20

Tommy dan Chou sudah empat kali berhadapan sebelumnya. Rekor pertemuan mereka sementara 3-1 untuk Chou. Terakhir di China Open 2014 lalu, Tommy kalah dua game langsung, 13-21 dan 14-21.

Selanjutnya di babak final, Tommy akan ditantang unggulan satu turnamen, Chen Long dari Tiongkok. Catatan tidak begitu baik memang membayangi langkah Tommy. Namun ia tetap percaya diri bisa memberikan penampilan terbaiknya.

Tommy sudah delapan kali bertemu Chen Long di lapangan. Tapi ia hanya sekali bisa merebut kemenangan. Mereka terakhir bertemu di BWF World Championships 2014. Saat itu Tommy kalah 16-21 dan 20-22.

“Di atas kertas Chen Long memang lebih diunggulkan. Tapi saya akan berusaha maksimal. Saya akan berusaha bermain lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Dan berusaha untuk menang. Memang butuh kesabaran untuk melawan Chen Long. Karena dari segi serangan dan pertahanan dia lebih matang dari saya. Saya harus lebih sabar,” kata Tommy lagi.

Hasil lengkap babak semifinal Denmar