(Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2015) Singkirkan Unggulan Dua, Bagas ke Final

Kudus, 10 Oktober 2015 – Kejutan kembali terjadi di arena Blibil.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2015. Kali ini, giliran Bagas Kristianto Nugroho yang memberikan kabar baik di tunggal putra U17. Berhadapan dengan Lakshya Sen yang diunggulkan ditempat kedua di semifinal yang digelar Sabtu (10/10) sore, Bagas sukses menang dalam drama tiga game.

Bertanding di GOR Djarum Jati, Kudus, Bagas tentu mendapat dukungan penuh para penonton yang hadir termasuk atlet rekan satu klubnya di PB Djarum. Mengawali pertandingan dengan kurang begitu baik, Bagas sempat tertinggal 7-11 di interval. Namun, perlahan ia berhasil mengejar ketertinggalannya dan menyamakan kedudukan diangka 17. Skor kembali imbang diangka 18, dan Bagas berhasil meraih tiga angka yang ia perlukan untuk menutup game pertama ini dengan 21-18.

"Di awal game pertahanan saya masih kurang begitu baik, saya gampang sekali ditembus serangan dia," ujar Bagas.

Memasuki game kedua, Bagas justru terus tertinggal. Bahkan permainan akhirnya harus diselesaikan melalui game ketiga setelah ia kehilangan game ini dengan 17-21. "Masuk game kedua lawan mengubah tempo permainan, dia lebih cepat dan saya banyak tertinggal, ini yang membuat saya kehilangan game kedua," tambahnya.

Di game pamungkas, Bagas kembali sempat tertinggal, 2-6. Tetapi kemudian dengan dukungan penuh penonton dan yel-yel yang diteriakkan, Bagas berhasil kembali menyamakan angka 7-7. Pertarungan kembali ketat, Bagas yang sempat tertinggal 9-11 justru mampu balik unggul 17-13. Namun, kesalahan beruntun membuat selisih skor kembali menipis 18-17. Permainan apiknya di depan net yang ia kombinasikan dengan serangan dan penempatan shuttlecock membuatnya bisa menutup laga ini dengan kemenangan 21-18.

"Saya mencoba untuk terus berkonsentrasi, dan yakin di lapangan. Ini juga menjadi modal untuk saya bisa memenangkan game ketiga," ujar atlet yang lahir 17 Maret 2000 ini.

Di final Bagas menanti pemenang antara duel sesama atlet Taipei, Chia Hao Lee yang akan melawan Chen Chi Ting dimana pertandingan ini dijadwalkan digelar malam ini. "Lawan Taipei, siapapun lawannya, saya harus lebih habis-habisan," pungkasnya.

Bagas menjadi wakil ketiga merah putih untuk berlaga di partai puncak. Sebelumnya Alfandy Rizki Kasturo/Phita Haningtyas Mentari dan Aldira Rizki Putri berhasil memastikan diri untuk ke final. Di ganda campuran U17, Alfandy/Mentari berhasil mengatasi Su Li Wei/Chang Yu Hsuan dari Taipei dengan 21-13 dan 21-9, sementara Aldira menghentikan Yastina Enggira Setiawan yang juga dari Indonesia dengan 21-16 dan 21-13.

Hasil pertandingan terkini bisa diakses di sini.