(Thailand Open 2015) Edwin Iriawan Evaluasi Penampilan Tunggal Putri

(Jakarta, 5/10/2015) 

Thailand Open Grand Prix Gold 2015 berakhir sudah. Indonesia pulang dengan satu gelar juara dari ganda putra dan dua runner up dari tunggal putra dan ganda campuran. 

Dari sektor tunggal putri, empat pemain muda Pelatnas Cipayung masih belum bisa menaklukkan turnamen level grand prix gold tersebut. 

Capaian terbaik hanya mampu diraih hingga babak dua. Gregoria Mariska kalah dari unggulan dua asal Korea, Sung Ji Hyun, 15-21 dan 11-21. Sebelumnya di babak pertama, Sung Ji Hyun juga menghentikan atlet Indonesia, Dinar Dyah Ayustine, 11-21 dan 10-21. 

Sementara itu Fitriani dihentikan unggulan enam, Sayaka Sato dari Jepang, 12-21 dan 14-21. Sedangkan Hanna Ramadini terhenti usai kalah “perang saudara” dengan Fitriani di babak pertama, 9-21 dan 15-21.  

Hasil ini pun mendapat evaluasi khusus dari pelatih tunggal putri yang mendampingi, Edwin Iriawan. Edwin menggarisbawahi penampilan anak didiknya yang dinilainya masih belum bisa mengatasi kondisi lapangan. 

“Penampilan mereka di sini bisa dibilang lumayan. Tapi saya lihat mereka belum mampu menguasai keadaan. Kondisi lapangan yang berangin membuat mereka kesulitan dalam mengeluarkan permainan terbaik mereka. Idealnya mereka bisa mengatasi kondisi lapangan seperti apapun, ada angin, nggak ada angin dan lain sebagainya. Ini harus menjadi evaluasi. Ke depannya, mereka tidak boleh lagi dikuasai situasi, harus mereka yang menguasai situasi,” kata Edwin kepada badmintonindonesia.org. 

Edwin mengatakan, pulang dari Thailand ini, beberapa metode latihan tambahan juga sudah ia persiapkan. Ini dilakukan demi mendukung peningkatan kemampuan para atlet di lapangan nantinya. 

“Setelah ini ada banyak yang harus ditingkatkan dari penampilan mereka. Latihan lagi lebih keras. Salah satunya yaitu bagaimana mengatasi kondisi lapangan berangin. Karena di sini, itu yang menjadi kendala utama bagi mereka. Padahal kalau dilihat dari persiapan sebelumnya, penampilan mereka harusnya bisa lebih baik dari sekarang,” tambah Edwin. 

Lihat hasil pertandingan tunggal putri di Thailand Open Grand Prix Gold selengkapnya