(Japan Open 2015) Tiga Pemain Muda Berjuang Dari Kualifikasi

(Tokyo, 6/9/2015)

Tiga atlet muda tunggal putra akan berjuang dari babak kualifikasi Japan Open Super Series 2015. Ketiganya ialah Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa dan Anthony Sinisuka Ginting. Jika masing-masing bisa melewati lawan pertamanya, Jonatan dan Anthony akan saling berhadapan untuk menuju babak utama.

Di babak pertama kualifikasi, Jonatan akan berhadapan dengan Kenta Nishimoto, Jepang. Sementara Anthony akan menghadapi wakil Taiwan, Tzu Wei Wang.

“Target pertama pengen masuk main draw dulu, kalau bisa lolos baru fokus satu-satu lagi. Saya nggak mau muluk-muluk dulu, musuh juga kan bagus-bagus,” kata Jonatan.

“Ada kemungkinan nanti ketemu Anthony, kami sudah sama-sama ngerti permainan satu sama lain. Tinggal yang lebih siap aja di lapangan. Tapi lawan pertama ini juga bagus, jadi fokus satu-satu dulu,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Hendri Saputra, pelatih tunggal putra di Pelatnas Cipayung. Hendri mengatakan saat ini ketiga atlet binaannya itu difokuskan untuk lolos ke babak utama terlebih dahulu.

“Mereka bertiga sama-sama berjuang dari kualifikasi. Sejauh ini mereka saya targetkan bisa lolos dulu ke babak utama. Turnamen ini kan kelasnya di atas mereka. Yang penting mereka bisa fight dan bermain sebaik mungkin,” kata Hendri kepada badmintonindonesia.org.

Sementara Ihsan di babak pertama kualifikasi akan berhadapan dengan Kazumasa Sakai, Jepang. Jika mampu menaklukkan wakil tuan rumah tersebut, Ihsan kemudian akan menghadapi pemenang duel antara Brice Leverdez, Perancis dan Anand Pawar, India, untuk ke babak utama.

Selain tiga pemain tersebut, Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka juga akan bertanding di Jepang. Di babak pertama, Tommy akan berhadapan dengan Hsu Jen Hao, Taiwan, sementara Hayom dengan pemain asal Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk.

Japan Open Super Series 2015 akan berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada 8-13 September 2015 mendatang. Tahun lalu di kejuaraan yang sama, Indonesia belum berhasil membawa gelar. Capaian terbaik diraih pasangan ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang menjadi runner up