GMC Astec Open XI 2015 Siap Bergulir Kembali

(Jakarta, 1/9/2015)

Kejuaraan GMC Astec Open XI 2015 siap bergulir kembali tahun ini. Turnamen swasta nasional ini akan berlangsung pada 6-12 September 2015 mendatang di GOR Asia Afrika, Senayan.

Ini akan menjadi tahun kesebelas penyelenggaraannya, setelah diprakarsai oleh pasangan peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Alan Budikusuma dan Susy Susanti, di tahun 2005 lalu. Sebanyak 1091 atlet dari 91 klub nasional dan 3 negara asing, Thailand, Jepang dan India, dijadwalkan akan turut main di Astec Open.

Kejuaraan Astec Open ini akan mempertandingkan kategori berdasarkan umur, yaitu anak-anak, pemula, remaja, dewasa dan veteran. Dengan total hadiah sebesar 250 juta rupiah.

“Bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga kebanggaan Indonesia dengan begitu banyak prestasi yang sudah diraih. Sebagai mantan pemain yang sudah dibesarkan di bulutangkis, saya dan Alan merasa punya tanggung jawab untuk terus mengembangkan dan mempopulerkan bulutangkis, agar prestasi bulutangkis Indonesia tetap bersinar,” ungkap Susy Susanti yang juga menjadi Ketua Panitia GMC Astec Open XI 2015.

“Dengan kejuaraan Astec Open yang sudah berjalan 11 tahun ini, kami ingin membantu PBSI untuk membina dan menjaring bibit unggul yang nantinya bisa menjadi pemain andalan Indonesia dan menjadi juara dunia. Harapan kita semua agar bulutangkis Indonesia akan kembali jaya seperti dulu, agar dapat membawa kebanggaan dan keharuman nama bangsa Indonesia di mata dunia,” lanjut Susy.

“Kami mengapresiasi konsistensi dan komitmen penyelenggaraan Astec Open ini. Karena tak banyak turnamen yang bisa terus konsisten seperti ini. Usia yang sudah lebih dari 10 tahun itu merupakan hal yang luar biasa. Saat ini kita memang membutuhkan itu. Karena asal muara pembinaan di Pelatnas itu dimulai dari pembinaan di usia dini. Dan penjaringannya untuk mengukur pembinaan di klub-klub salah satunya melalui turnamen seperti ini,” kata Achmad Budiharto, Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI.

“Juga untuk GMC yang kali ini mensponsori kejuaraan ini, untuk bisa terus mendukung kegiatan bulutangkis. Mudah-mudahan bukan hanya di Astec Open saja, tapi juga di kejuaraan lainnya,” tambah Budiharto lagi. (*)