(Vietnam GP 2015) Tommy Sugiarto Juara di Vietnam

 
 
(Jakarta, 30/8/2015)
Tommy Sugiarto membawa pulang gelar juara dari turnamen Vietnam Open Grand Prix 2015 usai menundukkan pemain gaek, Lee Hyun Il (Korea), 21-19, 21-19. Tommy saat ini tengah berjuang untuk mendongkrak peringkatnya, ia pernah menduduki rangking tiga dunia, namun saat ini peringkatnya turun ke posisi 19. Kemenangan ini tentunya bakal menambah poin dan memperbaiki peringkat Tommy.
 
Tommy yang merupakan salah satu pemain tunggal putra terbaik Indonesia saat ini, biasanya wara-wiri di turnamen level super series atau super series premier. Namun mengingat olimpiade 2016 semakin dekat, tiap pemain kini tengah berlomba-lomba untuk memperbanyak poin untuk menebus tiket ke pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, tak terkecuali Tommy.
 
“Tujuan utama saya untuk mengikuti turnamen level grand prix ya memang untuk mencari poin dan memperbaiki peringkat dunia saya,” kata Tommy yang dihubungi di Jakarta.
 
Diunggulkan di tempat pertama, perjalanan Tommy menuju gelar juara bisa dibilang mulus. Peraih medali perunggu BWF World Championships 2014 ini bahkan tak pernah kehilangan satu game pun sejak babak pertama.
 
Pada laga melawan Hyun Il di final pun, Tommy menang straight game, meskipun Hyun Il sudah terkenal sebagai pemain yang sudah banyak makan asam garam di kancah perbulutangkisan internasional. Hingga saat ini, Hyun Il masih bisa disebut sebagai pemain tunggal putra terbaik Korea.
 
“Pada pertandingan melawan Hyun Il di final tadi, saya hanya bermain yang terbaik saja. Saya mencoba untuk tetap fokus satu demi satu poin dan yang paling penting, saya tetap tenang di poin-poin kritis,” ungkap Tommy membeberkan rahasia kemenangannya.
 
Sementara itu, Fitriani yang merupakan pemain tunggal putri muda Indonesia yang cukup sensasional di turnamen ini, belum berhasil meraih gelar juara grand prix pertamanya. Pemain bertubuh mungil ini dikalahkan wakil Jepang, Saena Kawakami, 24-26, 21-18, 10-21. Gelar ganda putri juga mesti lepas dari Indonesia tatkala Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani dihadang Jongkonphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), 14-21, 12-21.
 
Tiongkok masih menguasai perolehan gelar juara lewat dua gelar dari Liu Yuchen/Li Junhui (ganda putra) dan Huang Kaixiang/Huang Dongping (ganda campuran). Berikut hasil lengkap babak final Vietnam Open Grand Prix 2015:
Ganda Putra
Liu Yuchen/Li Junhui (1/CHN) vs Huang Kaixiang/Wang Sijie (CHN) 21-8, 21-16
 
Tunggal Putra
Tommy Sugiarto (1/INA) vs Lee Hyun Il (2/KOR) 21-19, 21-19
 
Ganda Putri
Jongkonphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai (4/THA) vs Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani (8/INA) 21-14, 21-12
 
Tunggal Putri
Saena Kawakami (JPN) vs Fitriani (INA) 26-24, 18-21, 21-10