(World Championships 2015) Empat Wakil Lolos ke Semifinal

 

 
 
(Jakarta, 14/8/2015)
 
Sebanyak empat wakil Indonesia berhasil menembus babak semifinal Total BWF World Championships 2015. Hanya sektor tunggal putra yang belum menempatkan pemainnya di putaran empat besar, namun Indonesia punya satu wakil di tunggal putri, ganda putri, ganda putra dan ganda campuran.
 
Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi wakil pertama yang lolos ke semifinal. Juara All England tiga kali pada tahun 2012, 2013 dan 2014 ini melaju setelah menuntaskan perlawanan Ko Sung Hyun/Kim Ha Na (Korea), 21-8, 21-15.
 
Linda Wenifanetri mencetak sejarah baru sebagai tunggal putri Indonesia pertama yang melaju ke babak semifinal kejuaraan dunia setelah hampir dua dekade lamanya. Tiket semifinal diraih Linda setelah mengalahkan Tai Tzu Ying, unggulan keempat dari Taiwan, dengan skor 14-21, 22-20, 21-12.
 
Tak mau kalah dari rekan-rekannya, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari juga menjajaki semifinal. Kemenangan diraih Greysia/Nitya dengan cukup mudah atas Amelia Alicia Anscelly/Soong Fie Cho, 21-11, 21-11. Namun lawan yang cukup berat sudah menanti Greysia/Nitya di babak semifinal yaitu Tian Qing/Zhao Yunlei (Tiongkok).
 
“Kami tidak mau berpikir terlalu berlebihan, kami mau mengatur dan mengontrol ekspektasi kami. Masih ada pertandingan lagi dan kami bersyukur bisa melewati hari ini. Sebagai bahan evaluasi, semoga kami bisa lebih mantap dan lebih menyatu, feeling di lapangannya diperkuat lagi. Kami ingin menikmati pertandingan,” kata Greysia.
 
“Soal lawan wakil Tiongkok, kami pernah menang lawan mereka. Tentunya persiapan kami lebih baik dan fokus dari hari ini. Kami tidak berpikir kami dibawah mereka,” jawab Nitya.
 
Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi penyumbang tiket semifinal terakhir buat tim Merah-Putih dengan menundukkan Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris), 21-16, 22-20. Sementara itu, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto gagal menaklukkan lawan-lawan mereka di babak delapan besar.
 

Pertandingan semifinal akan berlangsung Sabtu (15/8) mulai pukul 11.00 WIB. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)