(World Championships 2015) Riky/Richi Gagal Taklukkan Pasangan Tiongkok

(Jakarta, 13/8/2015)
Tiket perempat final ganda campuran Total BWF World Championships 2015 gagal diamankan Riky Widianto/Richi Puspita Dili usai mengalami kekalahan dari Liu Cheng/Bao Yixin (Tiongkok), 23-21, 20-22, 11-21.

Pertandingan kedua pasangan ini berlangsung sengit. Riky/Richi sebetulnya punya peluang menang straight game saat berhasil menyamakan kedudukan dari 18-20 menjadi 20-20 di game kedua. Akan tetapi, keduanya melakukan kesalahan sendiri. Saat ketinggalan 20-21, smash Riky menyangkut di net, Liu/Bao pun memperpanjang nafas hingga game ketiga.

Penampilan Riky/Richi justru antiklimaks di game penentuan. Mereka tertinggal 3-11 di interval game dan sulit untuk mengejar. Liu/Bao pun sudah menemukan irama permainan mereka dan membuat Riky/Richi sulit berkutik. Akhirnya tiket perempat final pun direbut Liu/Bao yang merupakan unggulan keempat.

"Pertandingan ini sangat berat buat kami, jika kami kehilangan momen di akhir game kedua, selesai sudah. Saat genting, kami ragu-ragu. Pada game ketiga, kami bermain lebih cepat dan lebih sabar," ujar Bao.

"Saya tidak merasa nyaman dengan suasana Istora yang terlalu berisik. Saya tidak bisa fokus selama pertandingan. Saya juga merasa angin di lapangan tidak menentu. Pertandingan tadi membuat kami belajar bahwa kami tidak boleh menganggap enteng satu poin pun, karena bisa berujung bencana," jelas Liu.

Dengan hasil ini maka sektor ganda campuran hanya mengirim dua wakil ke babak delapan besar lewat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto. (*)