(SEA Games 2015) Firman Dihentikan Ponsana

 

 
 
(Singapura, 13/6/2015)
Langkah Firman Abdul Kholik mesti terhenti di babak pertama nomor perorangan SEA Games 2015. Firman dikalahkan oleh pemain senior asal Thailand, Boonsak Ponsana, dalam dua game langsung, 13-21, 14-21.
 
Ini merupakan pertemuan kedua buat Firman dan Ponsana di SEA Games 2015. Pada partai final beregu putra, Firman juga harus mengakui keunggulan Ponsana saat dikalahkan dengan skor 7-21, 14-21.
 
Meskipun kembali takluk di tangah Ponsana, namun Firman tampil lebih baik di pertandingan perorangan kali ini. Di interval game pertama, ia ketinggalan 9-11 dan sempat memperkecil ketertinggalannya menjadi 10-11. Sambaran keras dengan tangan kidalnya menjadi senjata buat Firman, inilah yang beberapa kali gagal diantisipasi Ponsana.
 
“Saya merasa kali ini bisa memberikan perlawanan karena saya bermain lebih sabar dan bisa fokus di lapangan. Namun lawan memang lebih berpengalaman dari saya, dia juga punya teknik permainan yang matang,” kata Firman kepada Badmintonindonesia.org.
 
SEA Games 2015 memberikan banyak pelajaran buat Firman. Pemain yang berusia 17 tahun ini memang di atas kertas masih jauh di bawah Ponsana yang sudah malang melintang di kancah perbulutangkisan dunia. Saat ini Firman ada di peringkat 59 dunia, sementara Ponsana di posisi 30 dunia.
 
“Menjadi bagian tim SEA Games 2015 memberikan banyak pengalaman buat saya. Saya senang sekali bisa belajar dari teman-teman saya di pertandingan beregu dimana kami mendapat medali emas. Selain itu saya juga mendapatkan kesempatan untuk bertanding melawan pemain kelas dunia yang lebih senior,” beber Firman.
 
“Pengalaman di SEA Games 2015 akan saya jadikan modal untuk meningkatkan kepercayaan diri di turnamen yang akan saya ikuti selanjutnya yaitu Asia Junior Championships 2015 di Bangkok, Thailand,” tuturnya.
Jonatan Christie menjadi wakil tunggal putra yang tersisa. Pemain muda binaan klub Tangkas Jakarta ini tengah bertanding di babak 16 besar melawan Htoo Aung Myo dari Myanmar.
 
Berikut jadwal pertandingan pemain Indonesia di babak 16 besar, Sabtu (13/6)
 
Pukul 16.00 (Waktu Singapura)
Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi (INA) vs Mak Hee Cun/Teo Kok Siong (MAS)
 
16.30
Jonatan Christie (INA) vs Htoo Aung Myo (MYA)
Linda Wenifanetri (INA) vs Chua Hui Zhen Grace (SIN)
 
17.00
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (INA) vs Tan Wee Kiong/Goh V Shem (MAS)
 
17.30
Suci Rizki Andini/Maretha Dea Giovani (INA) vs Lin Khaing Zar/Yee Le Le (MYA)
18.00 
Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani (INA) vs Sh