(BCA Indonesia Open Super Series Premier 2015) Dijegal Musuh Bebuyutan, Tontowi/Liliyana Belum Berhasil Ke Final

(Jakarta, 6/6/2015)

Harapan medulang gelar di Istora Senayan bagi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya belum berhasil dicapai keduanya. Tontowi/Liliyana kalah dari musuh bebuyutannya, Zhang Nan/Zhao Yunlei, Tiongkok, di semifinal BCA Indonesia Open Super Series Premier 2015. Tontowi/Liliyana kalah dengan skor 21-16, 15-21 dan 18-21.

“Hari ini di game pertama kami bisa membuka dengan baik, kami bisa menang. Di situ kami ada kepercayaan diri untuk bisa menang. Tapi di game kedua mereka sedikit merubah permainan dan kami kurang bisa mengantisipasi itu. Di game ketiga, kami lengah di poin-poin kedudukan sama, sebelas sama, dua belas sama, sampai empat belas sama di langsung tujuh belas. Setelah itu kami sedikit goyang saat ketinggalan. Saat kami mau mengejar, kondisi kami sudah tertekan. Tapi untuk hari ini kami sudah cukup puas dengan permainan. Mudah-mudahan bisa menjadi evaluasi ke kejuaraan dunia nanti,” jelas Liliyana ditemui usai pertandingan.

Tontowi/Liliyana membuka game pertama dengan baik. Mereka mampu menekan lawan dan berhasil menang 21-16. Namun masuk di game kedua, saat Zhang/Zhao merubah strategi, Tontowi/Liliyana mengaku kurang bisa mengantisipasi permainan mereka. Tontowi/Liliyana kalah 15-21.

Di game penentu, meski sempat ketat, Tontowi/Liliyana akhirnya harus mengakui keunggulan pasangan Tiongkok tersebut. Tontowi/Liliyana tertinggal tipis 18-21.

Tontowi/Liliyana dan Zhang/Zhao sudah empat belas kali berhadapan sebelumnya. Rekor pertemuan sementara 9-5 untuk Zhang/Zhao. Dimana Tontowi/Liliyana pada empat pertemuan terakhir selalu kalah.

“Terakhir kami ketemu di All England dan Singapura kalah jauh straight game, di sini kami bisa rubber game. Saya punya satu keyakinan mudah-mudahan di kejuaraan dunia kalau saya ketemu lagi, saya bisa menang straight game,” kata Liliyana lagi.

“Kalau saya melihatnya, saya kan terakhir ketemu di Singapura. Di sana saya banyak ambil pelajaran, kekurangan saya apa di sana dan saya terapkan di sini. Sekarang saya sudah mengantisipasi bola-bola menekan dia, cuma mungkin selanjutnya akan saya pelajari lagi untuk mengatasi mereka,” tambah Tontowi.

Hasil sementara babak semifinal BCA Indonesia Open Super Series Premier 2015 bisa diakses