Sirnas Jabar 2015 Mulai Dimainkan di Pelatnas Cipayung

 
(Jakarta, 22/5/2015)
 
Kejuaraan Djarum Sirkuit Nasional Li Ning Jawa Barat Open 2015 akhirnya berpindah tempat ke Pelatnas Cipayung. Sebelumnya, turnamen nasional ini berlangsung di GOR Pajajaran, Bogor. Turnamen ini tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya, penyelenggaraannya sempat terhenti karena dianggap bertentangan dengan Perda Nomor 12 tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok.
 
Seperti dijelaskan oleh Achmad Budiharto (Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI) dan Yoppy Rosimin (Kabid Dana Usaha dan Sponsorship PP PBSI), hal ini seharusnya tidak terjadi, karena sebetulnya tidak ada aturan yang dilanggar. Djarum Foundation bukanlah produk rokok seperti yang disebutkan, melainkan sebuah yayasan non-profit yang bergerak di bidang sosial, olahraga, pendidikan dan lingkungan.
 
Djarum Foundation merupakan partner PBSI dalam pengembangan bulutangkis Tanah Air. Sejak tahun 2008 silam, Djarum Foundation memberikan dukungan penuh pada gelaran sirkuit nasional. Hal ini menjadi bukti kepedulian Djarum Foundation akan kemajuan bulutangkis, salah satu olahraga yang dapat mengibarkan Merah Putih di kancah internasional.
 
“Kami sudah bernegosiasi dengan pihak setempat dan menjelaskan bahwa regulasi yang terkait tidak dapat diterapkan pada Djarum Foundation, karena Djarum Foundation bukan produk rokok. Ini adalah satu hal yang sangat disayangkan, setelah sekian lama penyelenggaraan sirnas, baru kali ini terjadi,” kata Budiharto di Pelatnas Cipayung (22/5) pagi.
 
“Sudah dijelaskan kembali bahwa tidak ada aturan yang dilanggar, karena Djarum Foundation bukan produk rokok. Ada beberapa opsi yang kami ajukan, namun akhirnya semua pihak sepakat dengan opsi ketiga yaitu memindahkan lokasi pertandingan. Mau tidak mau, ini adalah win-win solution untuk kedua belah pihak,” tutur Yoppy.
 
Namun lebih lanjut disebutkan Budiharto, pihaknya tetap menghargai pihak pemda yang sudah menerapkan suatu ketentuan.
 
“Kami tidak mau bertentangan dengan aturan yang berlaku di daerah setempat. Daripada suasana jadi tidak kondusif dan kami perlu melindungi atlet-atlet kami agar bisa bertanding dengan aman dan nyaman. Maka mulai hari ini, lokasi pertandingan kami pindahkan ke Pelatnas Cipayung,” imbuh Budiharto.
 
Saat berita ini diturunkan, Djarum Sirkuit Nasional Li Ning Jawa Barat Open 2015 sedang berlangsung di lapangan latihan Pelatnas Cipayung. Pertandingan babak 16 besar tengah dimainkan di sembilan lapangan yang telah disediakan. (*)