(Piala Sudirman 2015) Indonesia Hadapi Tiongkok di Semifinal

(Dongguan, 16/5/2015)  

Maju ke semifinal Piala Sudirman 2015, Indonesia ditantang langsung oleh tuan rumah dan juara bertahan, Tiongkok. Indonesia menurunkan formasi yang sama seperti perempat final untuk mengatasi Taiwan.

“Kami hanya menurunkan yang terbaik yang kami punya. Kami harapkan bisa curi poin dari tunggal putri atau ganda putri,” kata Rexy Mainaky, manajer tim Indonesia.

“Peluang kita sekitar 40%. Tapi dengan semangat tinggi semoga kami bisa menang,” kata Rexy lagi.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih akan menjadi pembuka jalan bagi Indonesia. Ranking tiga dunia ini akan berhadapan dengan duet lama Tiongkok, Cai Yun/Fu Haifeng. Di atas kertas, Hendra/Ahsan masih lebih diunggulkan dari lawan.

Turun di partai kedua, Bellaetrix Manuputty akan berhadapan dengan Li Xuerui. Tujuh kali berhadapan dengan nomor satu dunia ini, Bella masih belum pernah mengantongi kemenangan. Terakhir mereka berhadapan di Asian Games 2014 lalu, saat itu Bella kalah 9-21 dan 19-21.

Selanjutnya ada Jonatan Christie yang turun melawan Chen Long. Sementara ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari akan bertemu pasangan Tang Yuanting/Yu Yang.

Sebagai penentu di partai kelima, Indonesia dan Tiongkok sama-sama menurunkan pemain terbaiknya. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Zhang Nan/Zhao Yunlei akan bertemu kali kelima belas. Dimana rekor pertemuan sementara Zhang/Zhao unggul 9-5.

Pada Piala Sudirman 2013, Indonesia hanya mampu bertahan hingga perempat final, setelah kalah dari Tiongkok 2-3.

Pencapaian terbaik Indonesia di Piala Sudirman ialah pada tahun pertama penyelenggaraan. Indonesia menjadi juara di tahun 1989, mengalahkan Korea 3-2. Itulah satu-satunya gelar Piala Sudirman yang berhasil dibawa Indonesia.

Sebagai runner up, Indonesia pernah enam kali mencicipinya. Yaitu pada tahun 1991,1993,1995, 2001, 2005 dan 2007.

Dua partai semifinal akan berlangsung hari ini (16/5). Pertandingan Indonesia melawan Tiongkok akan berlangsung pukul 13.00 waktu Dongguan. Sementara tiket semifinal lain yang diperebutkan Korea dan Jep