22 Pebulutangkis Siap Beraksi di Kejuaraan Dunia 2015

 
 
(Jakarta, 14/5/2015)                   
PP PBSI telah merilis daftar 22 nama pemain yang berhak atas tiket TOTAL BWF World Championships 2015. Kejuaraan bergengsi yang diadakan setiap setahun sekali ini akan digelar di Jakarta pada 10-16 Agustus 2015.
 
Sebagai turnamen yang masuk dalam kategori BWF event level 1 alias level tertinggi, kejuaraan dunia tak hanya menawarkan poin besar untuk pesertanya, tetapi tentunya prestise yang tinggi bagi para penyandang titel juara. Turnamen kelas dunia ini pertama kali diadakan pada tahun 1977 dan kala itu berlangsung tiap tiga tahun sekali. Pada tahun 1983-2005, kejuaraan dunia dilangsungkan tiap dua tahun sekali. Sejak 2005 hingga kini, kejuaraan dunia berlangsung tiap tahun kecuali tahun berlangsungnya olimpiade.
 
Kejuaraan Dunia 2015 menjadi spesial karena setelah 26 tahun, Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggara. Sebelumnya, perhelatan kejuaraan dunia pernah berlangsung di Jakarta pada tahun 1989 dan 1980.
 
Indonesia meraih gelar juara dunia terakhir kali pada Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou, Tiongkok. Kala itu dua gelar langsung disabet tim Merah-Putih melalui pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran.
 
Pada Kejuaraan Dunia tahun lalu yang berlangsung di Kopenhagen, Denmark, satu medali perunggu tunggal putra berhasil dibawa pulang lewat Tommy Sugiarto.
 
“Sejauh ini kami optimis dapat meraih dua gelar dari nomor ganda campuran dan ganda putra seperti tahun 2013 lalu. Namun faktor kami sebagai tuan rumah harus diwaspadai, jangan sampai menjadi pressure buat anak-anak,” kata Rexy Mainaky, Manajer Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia 2015.
 
Berikut daftar pemain yang akan berlaga di TOTAL BWF World Championships 2015:
 
Tunggal Putra: Tommy Sugiarto & Dionysius Hayom Rumbaka
Tunggal Putri: Maria Febe Kusumastuti & Linda Wenifanetri
Ganda Putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Hendra Aprida Gunawan/Andrei Adistia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi
Ganda Putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta, Vita Marissa/Shendy Puspa Irawati
Ganda Campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dili