(Piala Sudirman 2015) Tim Piala Sudirman Indonesia Dilepas

 

 
 
(Jakarta, 5/5/2015)
Bertepatan dengan syukuran HUT PBSI yang ke-64, Tim Piala Sudirman 2015 resmi dilepas oleh Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan. Acara pelepasan berlangsung di Pelatnas Cipayung pada Selasa (5/5), dan dihadiri oleh jajaran pengurus PBSI serta Tono Suratman (Ketua Umum KONI Pusat) dan Rita Subowo (Ketua Umum KOI). Selain itu mantan ketua umum PBSI dari masa ke masa juga hadir di tengah-tengah keluarga besar PBSI seperti Try Sutrisno (1985-1993), Sutiyoso (2004-2008) serta Djoko Santoso (2008-2012).
 
Perebutan trofi bergengsi kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman akan berlangsung di Dongguan, Tiongkok, 11-17 Mei 2015. Pelepasan tim ditandai dengan diserahkannya Bendera Merah Putih dari Gita Wirjawan kepada Achmad Budiharto, Wakil Sekretaris Jenderal PBSI yang juga merupakan Chef de Mission tim Piala Sudirman 2015. Sebelumnya, Budiharto selaku pemimpin tim telah memaparkan laporan kesiapan tim yang akan bertolak ke Dongguan, pada Rabu (6/5).
 
“Setelah melakukan berbagai persiapan baik secara teknik, fisik maupun mental, tim Piala Sudirman dinyatakan sudah siap untuk berjuang di Tiongkok. Kami akan berusaha keras meraih hasil maksimal. Untuk itu, kami mohon doa restu dan dukungan dari masyarakat Indonesia agar tim Piala Sudirman dapat menunaikan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Budiharto.
 
Tim Piala Sudirman terdiri dari 20 pemain terbaik yang telah diseleksi. Dua pasangan Juara Dunia 2013, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi andalan tim. Begitu juga ganda putri peraih medali emas Asian Games 2014, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Di sektor tunggal putra, seluruh anggota tim merupakan pemain muda yaitu Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik.
 
“Kami sudah terpilih masuk tim inti, saatnya berbuat yang terbaik. Ini adalah kesempatan buat mengembalikan Piala Sudirman ke Indonesia. Ini adalah harapan kami dan kami ingin berjuang bersama-sama. Sebagai pemain kami harus punya visi misi yang sama, menang atau kalah kita tetap satu,” ujar Greysia Polii, pemain ganda putri.
 
“Semua teman-teman kondisinya bagus, tidak ada keluhan. Kami akan berangkat besok (Rabu, 6/5) dan akan fokus latihan selama di Dongguan,” kata Hendra Setiawan, kapten tim.
 
Berdasarkan hasil undian peyisihan grup, Tim Piala Sudirman Indonesia berada di grup C bersama dua negara raksasa bulutangkis di Eropa yaitu Denmark dan Inggris. Target pertama tim Indonesia adalah lolos sebagai juara grup sehingga dapat terhindar dari tim kuat di babak perempat final. Target utama tim Merah-Putih adalah melaju ke babak final. Pada gelaran Piala Sudirman 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia, tim Indonesia terhenti di perempat final usai memberikan perlawanan sengit kepada Tiongkok dengan skor 2-3. (*)