(Yonex All England Open 2015) Penonton Indonesia Ingin “Istora-kan” Barclaycard Arena

(Birmingham, 7/3/2015)

Turun bertanding jauh dari “rumah sendiri”, rupanya para pemain Indonesia tak perlu khawatir akan dukungan penonton. Di semifinal Yonex All England Open 2015, ratusan penonton Indonesia memadati tribun di Barclaycard Arena, Birmingham. Mereka bersorak memberikan dukungan, meneriakkan yel-yel hingga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, demi menyemangati atlet kesayangan mereka.

“Kami ingin meng-istora-kan Barclaycard Arena. Kami ingin para atlet bisa lebih semangat dan merasa tanding di rumah sendiri,” kata Aldo Kaligis, mahasiswa master di University of Manchester yang datang untuk mendukung.

Ajang nonton bareng Yonex All England Open ini bahkan menjadi salah satu program Perhimpunan Pelajar Indonesia UK. Mereka sudah merencanakan ini sejak akhir Januari 2015, dan membantu sesama mahasiswa yang ingin membeli tiket nonton pertandingan.

“Kami ingin nonton atlet Indonesia secara langsung. Dan bagi kami ini adalah cara paling sederhana yang bisa kami lakukan untuk membela negara. Kebanyakan yang datang hari ini dari Birmingham, tapi ada juga yang dari berbagai kota di Inggris,” kata Aldo lagi.

“Rasanya seneng banget, seru bisa langsung datang dan menonton bulutangkis di sini. Kami sangat bersemangat