(Yonex Sunrise Malaysia Masters 2015) Terhenti di Perempat Final, Greysia/Nitya Evaluasi Penampilannya

(Kuching, 16/1/2015)

Langkah Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari akhirnya harus terhenti di perempat final Yonex Sunrise Malaysia Masters 2015. Keduanya terpaksa mengakui keunggulan pemain Korea, Chae Yoo Jung/Kim Ji Won. Greysia/Nitya kalah dua game langsung, 13-21 dan 18-21.

“Mereka mainnya bagus, pertahanannya rapat juga, susah untuk dimatiinnya. Tapi selain itu sebenarnya masalah utama lebih di kita ya, kami tadi kurang siap di lapangan. Game pertama kami ketinggalan jauh karena kami keserang duluan. Jadi untuk membalikkan keadaan juga sudah terlalu jauh. Akhirnya kami kalah dari mereka,” kata Nitya mereview pertandingannya tadi di Stadium Perpaduan Kuching.

Sempat ketat di game pertama, Greysia/Nitya justru kian kesulitan mengembangkan permainan mereka setelah itu. Beberapa serangan mereka bahkan kerap gagal menembus pertahanan lawan. Hal yang sama pun terulang di game kedua.

“Ini menjadi evaluasi kami, agar ke depannya lebih konsisten lagi. Kami harus bisa menjaga penampilan, mau lawan yang senior atau yang junior sekalipun, kami harus lebih siap terus. Apalagi kalau kami sudah di atas, semakin banyak orang yang ingin mengalahkan kami. Jadi kami sendiri yang nggak boleh lengah,” ujar Greysia.

“Mereka juga mungkin sudah melihat beberapa pertandingan kami kemarin ya. Dari kemarin kami merasa belum konsisten, jadi mereka juga lebih percaya diri untuk mengalahkan kami. Menang kalah di pertandingan memang biasa, tapi kami nggak mau menjadikannya sebagai alasan untuk kalah di pertandingan ini,” tambah Greysia.

Mengevaluasi penampilan mereka kali ini, Greysia dan Nitya menyoroti hal non teknis di lapangan.

“Untuk masalah teknis dalam tingkatan kami seharusnya bukan masalah utama ya, tapi lebih untuk menjaga penampilan saja. Tapi kalau dari saya pribadi, lebih ingin meningkatkan gerakan kaki di lapangan. Karena kalau gerakannya enak, otomatis pukulan juga lebih akurat,” kata Nitya.

Kalahnya Greysia/Nitya di lapangan, memastikan Pia/Rizki sebagai wakil tunggal Indonesia di nomor ganda putri. Selanjutnya di semifinal Pia/Rizki akan berhadapan dengan unggulan satu asal Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl. (*)