(Djarum Superliga 2015) Bali Siap Jadi Tuan Rumah Superliga

(Jakarta, 7/1/2015)
Bertempat di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Bali, ajang Djarum Superliga Badminton 2015 bakal digelar pada 25 Januari – 1 Februari 2015. Kejuaraan yang digagas oleh Djarum Foundation selaku penyelenggara ini merupakan perhelatan kelima setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2007, 2011, 2013 dan 2014. Djarum Superliga Badminton merupakan tontonan menarik yang menyajikan pertarungan klub-klub terbaik Indonesia dan asing yang menggunakan format Piala Thomas dan Piala Uber.

"Tahun ini kami sengaja memindahkan tempat penyelenggaraan superliga. Dari yang biasanya di Surabaya, sekarang bergeser ke Timur yaitu Denpasar di Pulau Dewata. Mudah-mudahan perpindahan tempat ini membuat perhatian dan animo masyarakat bertambah," kata Achmad Budiharto, Direktur Superliga pada acara jumpa pers di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (7/1).

"Dengan penyelenggaraan di Bali, kami juga berharap sorotan mata dunia ke bulutangkis akan lebih bagus," tambahnya.

Sebanyak 10 klub di sektor putra dan 10 klub di sektor putri turut berpartisipasi di kejuaraan ini. Para klub lokal pun diperbolehkan untuk menambah pemain asing, misalnya saja Musica Champion Kudus, juara bertahan yang tahun lalu diperkuat pemain asing seperti Lee Hyun Il (Korea).

Sementara itu, tim putri Jaya Raya Jakarta yang tahun lalu naik podium juara, juga rencananya akan diperkuat pemain asing di sektor tunggal putri. Jaya Raya Jakarta juga membuat gebrakan baru dengan memboyong tim junior mereka yang tergabung dalam skuat Jaya Raya New Star.

"Djarum Foundation tetap dengan komitmennya ingin menaikkan popularitas bulutangkis melalui superliga ini, sehingga bulutangkis bisa kembali ke masa jayanya. Superliga juga banyak manfaat untuk pelatih dalam hal pembinaan serta pemain yang bisa belajar dari pemain dunia," kata Yan Haryadi, dari Djarum Foundation.

"PBSI mengucapkan terima kasih kepada Djarum Foundation yang merupakan bapak asuh bagi bulutangkis Indonesia. Superliga yang dapat dijadikan tolak ukur pembinaan klub, tiap tahun selalu ditingkatkan kualitasnya. Kali ini tak hanya tempatnya yang berubah demi memeratakan penyelenggaraan turnamen bulutangkis, namun hadiahnya juga terus bertambah," ujar Anton Subowo, Sekretaris Jenderal PP PBSI.

Penyelenggaraan superliga kali ini juga mendapat dukungan dari Poul Erik Hoyer yang merupakan Presiden Badminton World Federation (BWF).

"Saya menilai superliga ini sangat bagus, saya tidak sabar melihat penyelenggaraannya di Bali nanti. Apalagi superliga diikuti 10 klub di sektor putri dan 10 klub di sektor putra, ini sangat luar biasa. BWF juga akan belajar dari penyelenggaraan superliga ini. Saya berharap seluruh peserta akan dapat menikmati bertanding di Djarum Superliga Badminton," tutur Poul.

Berikut daftar klub yang berlaga di Djarum Superliga Badminton 2015 :

Putra
Musica Champion Kudus, Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Mutiara Cardinal Bandung, Suryanaga Surabaya, Hi-Qua Wima Surabaya, USM Blibli, Tonami (Jepang), Hitachi (Jepang), Granular (Thailand).

Putri
Jaya Raya Jakarta, Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Suryanaga Surabaya, USM Blibli, Jaya Raya New Star, Renesas (Jepang), Gifu Tricky Panders (Jepang), Hokuto Bank (Jepang), Granular (Thailand).