Penghuni Pelatnas Cipayung Buka Tahun 2015 dengan Tes Fisik

 

 
(Jakarta, 6/1/2015)
 
Para atlet penghuni Pelatnas Cipayung telah kembali menjalankan aktivitas latihan di awal tahun 2015. Setelah dipulangkan ke klub masing-masing pada akhir tahun lalu, kini seluruh atlet yang namanya tertera dalam daftar pemanggilan atlet 2015 yang dirilis PBSI pada 30 Desember 2014, sudah memulai rutinitas di pelatnas.
 
Kegiatan latihan di tahun 2015 dibuka dengan tes fisik yang dipandu oleh tim pelatih fisik PBSI. Tes dilangsungkan selama dua hari pada 5-6 Januari 2015 dan diberlakukan untuk seluruh atlet tanpa kecuali, termasuk para juara dunia seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.
 
“Tes ini memang sudah kami rencanakan sejak tahun lalu, untuk melihat gambaran kondisi fisik atlet di awal tahun 2015. Hal ini bermanfaat sebagai pendukung menyusun program latihan sepanjang tahun ini ,” ujar Felix Ary Bayu Marta, pelatih fisik PBSI.
 
Tes dimulai dengan pendataan tinggi dan berat badan atlet. Adapun jenis tes yang dilakukan cukup beragam, diantaranya Beep Test, Strength Endurance Test (sit up, push up, skipping rope), Power Test (vertical jump dan medicine ball throw), Speed Test ( rast test – sprint sejauh 35 meter sebanyak enam kali), Flexibility Test ( sit and reach), Shoulder Flexibility Test dan Court Agility.  
 
“Hasil tes masih kami proses dan belum terlihat hasil keseluruhannya. Apapun hasilnya nanti, para atlet tetap harus bekerja keras untuk meningkatkan kondisi fisik mereka di tahun 2015 ini,” pungkas Felix. (*)