(BWF Super Series Finals 2014) Tontowi/Liliyana : Peluang Tetap Terbuka

 

 
(Dubai, 18/12/2014)
Penampilan para pemain Indonesia di babak penyisihan BWF Super Series Finals 2014 belum memuaskan. Dari empat wakil, dua diantaranya harus mengundurkan diri karena kondisi yang kurang prima, sementara dua wakil lainnya takluk di tangan lawan.
 
Tommy Sugiarto yang menghuni grup B, menyerah dari tunggal putra andalan Denmark, Jan O Jorgensen, 15-21, 9-21. Pada laga selanjutnya, para pecinta bulutangkis Tanah Air dikejutkan dengan mundurnya Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari saat melawan Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda dari Jepang.
 
Pada game ketiga, Nitya mengalami kram pada kaki kirinya dan tak dapat melanjutkan pertandingan di kedudukan 21-18, 20-22, 8-6.
 
Indonesia kembali harus kehilangan wakil saat pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga mengundurkan diri. Ahsan mengalami cedera pinggang yang kemudian menjalar ke masalah pernafasan hingga akhirnya memutuskan untuk mundur dari laga kontra Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok), pada kedudukan 7-11 di interval game pertama.
 
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi harapan terakhir, ternyata juga belum dapat memberikan hasil yang memuaskan di laga perdana. Pasangan rangking empat dunia ini ditundukkan oleh Liu Cheng/Bao Yixin (Tiongkok), 10-21, 21-12, 15-21.
 
“Tidak bisa dipungkiri bahwa pergerakan kami memang lambat. Liu/Bao pemain yang kuat, seperti khasnya pemain Tiongkok. Kami belum pernah kalah di pertemuan sebelumnya dari mereka, tadi mereka juga dibilang bagus sekali juga tidak, tetapi kami yang banyak melakukan kesalahan sendiri, terutama di game pertama. Kami banyak membuang poin dan ini menguntungkan lawan, fokus kami kurang,” kata Liliyana usai pertandingan.
 
Pada pertandingan penyisihan grup selanjutnya, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark). Pertandingan ini akan berlangsung siang ini (Kamis, 18/12). Di laga penyisihan terakhir, pasangan Juara Dunia 2013 ini ditantang Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (Thailand).
 
Untuk bisa lolos ke babak semifinal, Tontowi/Liliyana harus menjadi juara atau minimal runner up grup, karena hanya dua pasangan terbaik yang berhak atas tiket babak empat besar.
 
“Peluang tetap ada, masih ada dua pertandingan lagi. Mau tidak mau, kami harus menang di pertandingan selanjutnya untuk bisa lolos ke semifinal,” ujar Liliyana kepada Badmintonindonesia.org.
 
Hari ini akan dipertandingkan laga penyisihan grup kedua. Selain Tontowi/Liliyana, Indonesia masih punya Tommy Sugiarto di nomor tunggal putra. Tommy akan ditantang bintang baru dari India, Srikanth. K. Pertandingan akan berlangsung di stadion Hamdan Sport Center, mulai pukul 09.00 waktu Dubai atau sekitar pukul 12.00 WIB. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)