(BWF Super Series Finals 2014) Tontowi/Liliyana Dihadang Wakil Denmark

(Dubai, 18/12/2014)
Hasil yang kurang memuaskan kembali datang dari ajang BWF Super Series Finals 2014. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal melewati laga kedua penyisihan grup B melawan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark), 15-21, 20-22. Dengan dua kali kekalahan, sangat kecil kemungkinan buat Tontowi/Liliyana untuk lolos ke semifinal. Sebelumnya, pasangan rangking empat dunia ini juga harus menelan kekalahan di laga perdana melawan Liu Cheng/Bao Yixin (Tiongkok), 10-21, 21-12, 15-21.

Pada game pertama, Nielsen/Pedersen memang begitu menguasai permainan dan Tontowi/Liliyana terlihat kesulitan mengembangkan permainan. Pasangan Indonesia juga kerap melakukan kesalahan sendiri. Beberapa kali pukulan Tontowi jatuh jauh di luar garis lapangan.

Penampilan Tontowi/Liliyana berubah di game kedua dimana mereka bermain lebih agresif dan menyulitkan Nielsen/Pedersen hingga unggul di interval game. Namun sayang, di saat-saat genting, justru Tontowi/Liliyana malah kembali banyak membuang poin hingga akhirnya perolehan skor kembali dikuasai oleh Nielsen/Pedersen.

"Di akhir-akhir game kedua, saya banyak melakukan kesalahan sendiri. Seharusnya saat itu saya lebih tenang, saya merasa bermain dibawah tekanan lawan," ujar Tontowi ketika dimintai keterangan.

"Memang disayangkan kami kurang tenang di poin-poin kritis, padahal posisinya seharusnya lawan yang tertekan karena kami memimpin perolehan skor. Di saat-saat kritis, kami terlalu terburu-buru dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan," Liliyana menambahkan.

"Kami tentunya tidak puas dengan hasil ini. Tiga kali final super series hasilnya selalu seperti ini," imbuh Liliyana yang tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya.

Indonesia masih punya satu wakil lagi yang akan bertanding yaitu Tommy Sugiarto di nomor tunggal putra. Tommy akan menantang pemain asal India yang namanya tengah naik daun, Srikanth K. Setelah menelan kekalahan atas Jan O Jorgensen (Denmark), 15-21, 9-21 di laga perdana kemarin (Rabu, 17/12), posisi Tommy di klasemen grup B juga masih rawan. Tommy harus memenangkan laga ini untuk memperbesar peluang menuju babak semifinal.

Indonesia mengirimkan empat wakil ke turnamen berhadiah total 1 juta dollar AS ini. Namun sayang, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari terpaksa mengundurkan diri karena kondisi yang kurang prima. (*)