(French Super Series 2014) Jumpa Ganda Kelas Dunia, Alfian/Anissa Dapat Banyak Pelajaran

(Paris, 23/10/2014)
Meskipun harus ditaklukkan dua game langsung oleh Xu Chen/Ma Jin di babak kedua French Open Super Series 2014, namun Alfian Eko Prasetya/Anissa Saufika mengaku banyak menimba pelajaran dari pertarungan ini. Laga berdurasi 34 menit ini dimenangkan pasangan asal Tiongkok yang merupakan unggulan kedua dengan skor 21-9, 21-16.
 
Di atas kertas, Xu/Ma memang jauh lebih dijagokan dari Alfian/Anissa. Pasangan peraih medali perak Olimpiade London 2012 ini merupakan salah satu ganda campuran yang ditakuti. Xu/Ma juga tercatat kerap menyulitkan ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
 
“Xu/Ma memang lebih senior dari kami, memang kami ingin sekali berhadapan dengan mereka supaya tahu mainnya mereka seperti apa. Jadi kami bisa mempelajari permainan mereka langsung, biasanya kan hanya lihat di video pertandingan. Kami pun bisa tahu apa yang mesti ditingkatkan di latihan,” kata Anissa soal laga kontra Xu/Ma.
 
“Namun ternyata Ma Jin permainan depannya tidak sebahaya yang saya bayangkan, malah lebih bagus cik Butet (Liliyana Natsir) yang antisipasi bola depannya lebih bagus,” tambahnya.
 
Hal serupa juga dituturkan Alfian, bahwa sebetulnya ia dan Annisa dapat mengimbangi permainan lawan terutama di game kedua, namun Xu/Ma yang lebih berpengalaman selalu menggiring Alfian/Anissa ke irama permainan mereka.
 
“Xu/Ma selalu berhasil mengajak kami bermain reli, padahal kalau main no lob, mereka tidak terlalu berbahaya. Di game kedua kami bisa mengejar perolehan skor karena bermain no lob, tapi akhirnya terbawa lagi bermain reli. Xu/Ma juga lebih safe, mereka jarang membuat kesalahan sendiri,” tutur Alfian.
 
“Kami banyak belajar dari pertandingan ini. Semoga kedepannya kami kembali dapat kesempatan bertanding di turnamen kelas super series dan grand prix gold agar bisa berhadapan dengan ganda campuran kelas dunia,” imbuhnya.
 
Sebelumnya, pasangan ganda campuran Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet sudah lolos ke babak perempat final dengan mengalahkan unggulan kedelapan asal Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo, 21-16, 21-19. Sedangkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir baru akan bertanding memperebutkan tiket perempat final melawan Sam Magee/Chloe Magee (Irlandia) pada malam ini. (*)