(Yonex-Sunrise Men’s Doubles Championships 2014) Rian/Fajar Petik Gelar Kedua

 

(Jakarta, 5/10/2014)

Pasangan ganda putra Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian berhasil memetik gelar kedua di ajang Yonex Sunrise Men’s Doubles Championships 2014 yang berlangsung di GOR Asia Afrika, Jakarta. Rian/Fajar yang merupakan anggota pelatnas potensi ini naik podium juara usai menaklukkan senior sepelatnas mereka, Ade Yusuf/Ricky Karanda Suwardi, dengan skor 11-7, 7-11, 11-3, 11-3.

Sukses Rian/Fajar membuat kiprah pasangan ini kian menjanjikan. Sebelumnya mereka juga meraih gelar juara di Coca Cola Astec Indonesia International Challenge 2014 dengan mengalahkan pasangan senior, Fran Kurniawan/Agrippina Prima Rahmanto Putera.

"Di pertandingan final, saya dan Rian main modal yakin saja, maklum lawan kami lebih senior. Jadi kami nothing to lose saja dan tidak memikirkan menang kalah dulu yang penting semangat," beber Fajar, pemain asal klub SGS PLN Bandung.

"Kami mau membuktikan kalau lawan senior itu, yang junior jangan mau kalah. Pelatih kami mengatakan tadi kamu sudah main maksimal dan penampilannya cukup bagus hingga bisa mengalahkan senior kami," imbuhnya.

Baru dipasangkan kurang lebih empat bulan, Rian/Fajar sudah mampu unjuk gigi. Lalu apa rahasia kekompakkan mereka?

"Yang paling penting itu buat kami adalah keyakinan dan semangat. Walaupun kami baru berpasangan pada Juli lalu, tapi kami saling percaya sama kemampuan pasangan. Kami juga saling menuntupi kekurangan masing-masing dan komunikasi juga tidak boleh putus," ujar Rian yang berasal dari klub Jaya Raya Jakarta.

Rian/Fajar baru dipasangkan pada Juli 2014 silam, kombinasi keduanya dinilai Chafidz Yusuf, sang pelatih, bakal menjadi ganda putra yang berbahaya. Fajar, pemain berusia 19 tahun, memiliki skill permainan yang lihai di depan net. Sedangkan Rian yang merupakan peraih medali perak ganda campuran dan perunggu ganda putra di ajang BWF World Junior Championships 2014 ini punya power yang kuat sebagai tukang gebuk di sisi belakang lapangan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rexy Mainaky pun memuji penampilan Rian/Fajar yang dinilainya semakin matang hingga bisa mengimbangi permainan bahkan mengalahkan senior-senior mereka. Rian/Fajar dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Selvanus Geh yang juga penghuni pelatnas ganda putra potensi, menurutnya semakin siap untuk bisa mem-back up tim pelatnas ganda putra prestasi khususnya pemain lapis dua.

"Kami berterima kasih kalau seandainya sudah dipercaya mem-back up senior. Soal siap atau tidak siap, kalau namanya ditunjuk ya harus siap, ini kan namanya tugas yang harus kami emban," jelas Fajar.

Rian/Fajar akan kembali berjuang di kejuaraan Bahrain dan Malaysia International Challenge 2014. Meskipun belum berdiskusi soal target dengan sang pelatih, namun keduanya mantap mengatakan bahwa secara pribadi mereka ingin kembali meraih medali emas dan titel juara.
 
Hasil lengkap babak final kejuaraan Yonex Sunrise Men’s Doubles Championships 2014 dapat diakses di sini.