(Asian Games 2014) Indonesia Tertinggal 0-1 dari Taiwan

(Incheon, 21/9/2014)
Tommy Sugiarto gagal mengamankan poin pertama bagi tim bulutangkis putra Indonesia pada laga perdana di Asian Games 2014. Tampil di partai pertama, Tommy ditaklukkan oleh Chou Tien Chen lewat permainan berdurasi 60 menit dengan skor akhir 21-13, 19-21, 14-21. Dengan demikian, Indonesia sementara tertinggal 0-1 dari Taiwan.
 
Tommy yang tampil cemerlang di game pertama, justru kehilangan kontrol di game kedua. Tommy terlihat banyak melakukan kesalahan sendiri dan ini dimanfaatkan oleh Tien Chen yang balik menekan. Pada game ketiga, penampilan Tommy terus menurun, ia bahkan tertinggal hingga 3-10 dan kesulitan untuk mengejar angka.
 
“Chou Tien bermain lebih safe. Tetapi masalahnya ada di saya, sebetulnya secara permainan tidak ada masalah. Namun ada faktor non teknis yang secara psikologis mempengaruhi penampilan saya di lapangan. Saya tidak bisa bermain lepas dan nyaman, bawaanya emosi saja,” kata Tommy, peraih medali perunggu BWF World Championships 2014.
 
“Saya sudah berusaha untuk bersikap seprofesional mungkin dan akan memperbaiki hal ini untuk pertandingan selanjutnya. Saya tahu ini pertandingan beregu yang sangat penting, semoga teman-teman bisa menang dan kami ada kesempatan tampil di semifinal,” tambah Tommy yang dijumpai di Gyeyang Gymnasium.
 
Saat berita ini diturunkan, di partai kedua tengah bertanding pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melawan Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin. Skor sementara 21-19 untuk kemenangan pasangan Indonesia di game pertama. (*)