(BWF World Championships 2014) Greysia/Nitya Gagal Susul Tommy ke Semifinal

(Copenhagen 29/8/2014)
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari belum berhasil melaju ke babak semifinal BWF World Championships 2014. Ganda putri unggulan Indonesia ini dihentikan oleh wakil Jepang, Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda, 19-21, 13-21.

Sejak awal game pertama, Greysia/Nitya kerap tertinggal dalam perolehan angka hingga 2-9. Namun perlahan keduanya mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan 14-14. Greysia/Nitya pun sudah membuka peluang untuk merebut game pertama saat unggul pada kedudukan 19-15. Namun sayang, Kakiiwa/Maeda meraih enam poin berturut-turut dan menutup game pertama.

"Saya sendiri merasa banyak melakukan kesalahan-kesalahan karena sering ragu-ragu. Padahal sudah memimpin perolehan angka, tetapi karena terlalu hati-hati, jadinya tidak fokus," ungkap Nitya.

Pada game kedua, ganda putri Jepang unggulan ketujuh ini makin tak terbendung. Mereka berlari meninggalkan Greysia/Nitya pada kedudukan 15-4. Pasangan Indonesia lagi-lagi membuka peluang untuk mengejar saat berhasil meraih lima poin berturut-turut dan kedudukan pun menjadi 13-18.

Namun Greysia/Nitya kembali melakukan kesalahan sendiri yang membuat Kakiiwa/Maeda kian unggul. Satu sambaran Maeda yang gagal dikembalikan Greysia membuat pasangan Jepang ini memastikan diri untuk lolos ke babak semifinal. Keduanya sudah ditunggu oleh Wang Xiaoli/Yu Yang (Tiongkok).

"Pasangan Jepang memang terkenal ulet dan jarang mati sendiri. Inilah yang masih belum bisa kami lewati, ketahanan kami masih kurang dan kami malah diserang balik. Melawan pasangan Jepang itu harus tahan di fokus, mental kami juga harus siap setiap saat. Kami harus tahan menjaga fokus dalam waktu yang lama," beber Greysia.

"Kami inginnya dapat hasil yang lebih dari ini, tapi kami jadikan bahan evaluasi saja untuk kedepannya. Menyesal dan sedih itu pasti ada, tetapi kami ambil saja hikmahnya," tambah Nitya.

Masih ada satu wakil lagi yang akan bertanding yaitu pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto. Keduanya akan ditantang unggulan ketiga yang juga peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark). (*)