(BWF World Championships 2014) Riky/Richi Penasaran Kalahkan Duo Z

(Copenhagen, 26/8/2014)
Satu wakil ganda campuran Indonesia melangkah ke babak enam belas besar BWF World Championships 2014. Pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili berhasil memenangkan laga pertama di turnamen bergengsi ini dari pasangan Austria, Roman Zirnwald/Elisabeth Baldauf, 21-18, 21-10.
 
Berdasarkan data peringkat dunia dan jam terbang, Riky/Richi memang seharusnya memenangkan pertandingan ini. Riky/Richi merupakan ganda campuran yang duduk di rangking 18 dunia, jauh diatas Zirnwald/Baldauf yang ada di posisi 96 dunia.
 
“Pada game pertama, kami merasa belum benar-benar menakan pertahanan lawan dan masih melakukan penyesuaian lapangan, jadi pertandingan cukup ramai. Kami langsung bermain menekan di game kedua, sehingga kami menang cukup mudah. Namun secara kelas, kami memang masih diatas lawan,” kata Richi yang dijumpai usai pertandingan.
 
“Sebetulnya lawan tidak bisa dibilang jelek, kalau kami santai bisa saja terkejar dan bisa jadi bumerang buat kami,” tambah Riky.
 
Menang straight game di babak kedua, Riky/Richi bakal mendapat lawan yang cukup berat di babak ketiga. Adalah juara Olimpiade London 2012 asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, yang akan menjadi lawan Riky/Richi. Pasangan Indonesia ini mengaku masih penasaran untuk bisa menundukkan ganda campuran terkuat dunia tersebut.
 
“Kami sudah tiga keli bertemu dan belum pernah menang. Zhang/Zhao unggul di servis yang tipis, mereka memang punya servis yang bagus dan menyulitkan. Kadang pertandingan sudah ramai dan kami sering salah terima servis, biasanya dari sini mereka selanjutnya langsung cepat dapat poin. Pasangan ini juga permainannya safe, jarang membuat kesalahan sendiri,” jelas Richi.
 
“Kami akan tampil lepas saja, sebetulnya pertandingan melawan Zhang/Zhao selalu berlangsung ramai. Kami penasaran juga ingin mengalahkan pasangan rangking satu dunia tersebut,” tutur Riky.
 
Saat berita ini diturunkan, pemain tunggal putra Tommy Sugiarto tengah bertanding di babak pertama melawan wakil Singapura, Zi Liang Derek Wong. Tommy sementara unggul jauh 11-4 di interval game pertama. Dua pasangan ganda campuran Indonesia akan melakoni ‘perang saudara’ memperebutkan tiket babak enam belas besar yaitu Praveen Jordan/Debby Susanto melawan Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet. (*)