(Youth Olympic 2014) Anthony Persembahkan Medali Perunggu untuk Merah-Putih

(Jakarta, 22/8/2014)

Sebuah catatan prestasi kembali datang dari pebulutangkis muda Indonesia. Anthony Sinisuka Ginting berhasil menggondol medali perunggu di ajang Youth Olympic 2014. Prestasi Anthony sekaligus mencatat sejarah sebagai medali bulutangkis pertama dari ajang Youth Olympic.

"Pastinya senang sekali saya bisa menyumbang medali, walaupun dapat medali perunggu dan belum sesuai dengan target saya yang ingin meraih medali emas, tetapi tetap harus disyukuri," ujar Anthony ketika dihubungi di Nanjing, Tiongkok.

"Saya juga merasa senang bisa menjadi satu-satunya wakil Indonesia di tunggal putra dan bisa menyumbang medali perunggu di ajang multi event yang paling bergengsi di kelas junior," tambah pemain asal klub SGS PLN Bandung ini.

Anthony meraih tempat ketiga setelah mengalahkan Aditya Joshi (India), 21-17, 21-16. Kemenangan ini juga membayar kekalahan Anthony sebelumnya atas Joshi di ajang beregu Asia Junior Championships 2014.

"Pada pertandingan perebutan perunggu tadi, saya merasa bermain lebih sabar dan lebih safe, artinya tidak banyak melakukan kesalahan sendiri. Saya sudah pernah bertemu dengan lawan di pertandingan beregu Asia Junior Championships 2014, dan kalah itu saya kalah, jadi saya sudah tahu permainan lawan dan tidak terlalu sulit membaca permainannya," ungkap peraih medali perunggu BWF World Junior Championships 2014.

"Sebuah prestasi membanggakan dari Anthony yang berhasil mempersembahkan medali perunggu di Youth Olympic 2014. Selamat buat Anthony, semoga prestasi di kelas junior menjadi pemacu semangat untuk bisa lebih berjaya di level senior," ujar Anton Subowo, Sekretaris Jenderal PP PBSI, memberi apresiasi.

Sementara itu, medali perunggu tunggal putri diraih pebulutangkis Thailand, Busanan Ongbumrungpan. Tiongkok mengamankan medali emas tunggal putra dengan menempatkan dua wakil di final yaitu Shi Yuqi dan Lin Guipu. Sementara di nomor tunggal putri, pebulutangkis muda andalan Jepang, Akane Yamaguchi, akan berhadapan dengan wakil Tiongkok, He Bing Jiao. (*)