(Coca Cola Astec Indonesia Intl Challenge 2014) Ronald/Melati Raih Gelar Perdana

(Jakarta, 16/8/2014)
Pasangan ganda campuran Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti menjadi kekuatan baru di skuat bulutangkis Indonesia. Pasangan muda ini berhasil merebut gelar perdana mereka di ajang Coca Cola Astec Indonesia International Challenge 2014 dengan mengalahkan unggulan pertama yang juga senior mereka asal Indonesia, Muhammad Rijal/Vita Marissa, 7-11, 11-4, 11-6, 11-7.

"Kami tidak menyangka bisa mengalahkan unggulan pertama. Di game pertama, kami masih kaget karena belum pernah bertemu Rijal/Vita. Di game selanjutnya, kami mulai bisa membaca permainan mereka dan tahu harus bermain seperti apa," ujar Ronald kepada Badmintonindonesia.org

"Mereka memang menang pengalaman, namun sebagai pemain muda, kami mungkin unggul di kecepatan dan kekuatan kaki. Selain itu kami mainnya lebih lepas dan tidak terbebani, kalah menang nomor dua, yang penting permainan kami keluar dan kami bisa fokus," tambah Melati.

Prestasi Ronald/Melati memang bisa dibilang meningkat tajam. Apalagi kedua pemain ini belum lama dipasangkan. Turnamen Coca Cola Astec Indonesia Intl Challenge 2014 merupakan turnamen ketiga buat Ronald/Melati. Sebelumnya mereka juga bertanding di ajang Vietnam International Challenge 2014 dan Chinese Taipei Open Grand Prix Gold 2014, di kedua turnamen ini, Ronald/Melati berhasil menembus babak perempat final.

Ronald/Melati memang telah menunjukkan potensi di sektor ganda campuran. Sebelum menghuni pelatnas, Ronald meraih medali perak BWF World Junior Championships 2011 di Taiwan bersama Tiara Rosalia Nuraidah. Setahun kemudian, giliran Melati yang menjadi juara dunia junior di BWF World Junior Championships 2012 di Jepang bersama Edi Subaktiar.

Kemenangan ini juga menjadi kado manis buat Ronald yang kemarin, Jumat (15/8) baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-21. Ia memang berharap mendapat hadiah istimewa yaitu medali emas di kejuaraan Coca Cola Astec Indonesia Intl Challenge 2014.

"Ini kado yang manis buat ulang tahun saya, saya senang sekali. Bisa dibilang ini kado dari partner saya, Mely (Melati)," tutur Ronald.

"Kemarin watu memberi ucapan selamat ulang tahun, Ronald memang minta kado medali emas dari saya, tidak usah kasih kado yang mahal-mahal. Alhamdulillah kami bisa mewujudkan keinginan ini. Gelar juara pertama ini kami persembahkan untuk Ronald dan keluarga saya," ungkap Melati.

Ronald/Melati mengaku kian mantap bersaing di kancah perbulutangkisan dunia dan siap untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Selanjutnya, Ronald/Melati akan mengikuti kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2014.

Saat berita ini diturunkan, tengah bertanding di partai kedua antara tunggal putri Indonesia, Hera Desi Ana Rachmawati melawan Mayu Matsumoto (Jepang). (*)