(BWF World Championships 2014) Menanti Laga Pebulutangkis Merah Putih di Kejuaraan Dunia 2014

(Jakarta, 13/8/2014)
Dalam sepekan kedepan, pebulutangkis terbaik Indonesia akan bertarung di ajang BWF World Championships 2014, turnamen bergengsi yang ditunggu-tunggu insan bulutangkis dunia. Kejuaraan tahunan ini bakal digelar di stadion Ballerup Super Arena, Copenhagen, Denmark, pada 25-31 Agustus 2014.
 
Kejuaraan ini memang memiliki prestise yang tinggi, pasalnya tak semua pemain berkesempatan untuk berlaga, hanya pemain pilihan yang memenuhi kategori rangking tertentu yang bisa berpartisipasi. Tak heran jika para pemain berlomba-lomba untuk mengumpulkan poin jelang kejuaraan ini. Bukan cuma memiliki gengsi yang tinggi, kejuaraan dunia juga menawarkan poin yang besar bagi setiap pesertanya, para juara dunia berhak untuk meraih 12000 poin, setara dengan peraih medali emas olimpiade.
 
“BWF World Championships 2014 merupakan salah satu milestone PBSI di tahun 2014. Setelah menjalani berbagai persiapan, kami yakin para atlet dapat meraih prestasi seperti yang telah ditargetkan. Semoga lagu Indonesia Raya kembali berkumandang di Copenhagen,” ujar Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI.
 
“Program persiapan jelang BWF World Championships sudah dilaksanakan. Kami merasa atlet sudah menjalankan latihan dengan baik dan semoga bisa tampil maksimal,” kata Anton Subowo, Sekretaris Jenderal PP PBSI dalam konferensi pers yang diadakan di Pelatnas Cipayung, Rabu (13/8).
 
Indonesia menurunkan kekuatan penuh di turnamen perorangan yang memainkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran ini. Sayang, pasangan ganda campuran andalan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal berlaga sekaligus gagal mempertahankan gelar yang mereka raih tahun lalu di Guangzhou, Tiongkok, karena Tontowi mengalami cedera pergelangan kaki kanan.
 
Sementara berita baik datang dari beberapa pemain Indonesia yang berhasil lolos ke kejuaraan dunia meski awalnya harus mengantri di deretan daftar tunggu, mereka adalah Praveen Jordan/Debby Susanto (ganda campuran), Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah (ganda putri) dan Simon Santoso (tunggal putra).
 
Tim Indonesia direncanakan akan berangkat ke Copenhagen, Denmark, pada Kamis (21/8) mendatang. Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Lius Pongoh, Manajer Tim Indonesia, skuat kejuaraan dunia sudah siap tempur dan seluruh atlet dalam kondisi prima.
 
“Persiapan tim sejauh ini bagus, semua atlet dilaporkan pelatih dalam kondisi fit dan siap untuk berangkat ke Denmark. Pesan kami kepada para atlet agar mereka menjaga kondisi jelang keberangkatan dan jangan terbebani, bermainlah sebaik mungkin,” ujar Lius kepada Badmintonindonesia.org.
 
Berikut daftar pemain Indonesia yang akan berangkat ke turnamen BWF World Championships 2014 :
 
Tunggal Putra
Tommy Sugiarto, Simon Santoso
 
Tunggal Putri
Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty
 
Ganda Putra
Hendra Setiawan/Mo